Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Teknologi

Mengenal Jurusan Teknik Informatika dan Gaji dan Prospek Kerjannya

408
×

Mengenal Jurusan Teknik Informatika dan Gaji dan Prospek Kerjannya

Sebarkan artikel ini
Prospek Lulusan Teknik Informatika
Prospek Lulusan Teknik Informatika

Mengenal Jurusan Teknik Informatika dan Gaji dan Prospek Kerjannya ~ Headline.co.id (Pendidikan). Perkembangan teknologi semakin pesan membuat perubahan hampir di setiap lini. Bahkan saat ini semua perusahaan dituntut untuk menggunakan teknologi untuk memenangkan persaingan bisnis.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat ‘Ya Tarim’ Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Apalagi di era industri 4.0 ini peranan teknologi informasi sangat berpengaruh dalam segala bidang mulai dari ekonomi, pendidikan, kesehatan, serta pemerintahan. Salah satu jurusan yang turut berpengaruh dalam perkembangan teknologi informasi adalah Jurusan Teknik Informatika.

Mengenal Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika merupakan jurusan kuliah yang mempelajari seputaran prinsip analisis matematika dan ilmu komputer serta melakukan desain pengujian, pengembangan, dan evaluasi kinerja komputer, perangkat lunak, dan sistem operasi guna menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika.

Baca juga: Kemenag dan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Sinergi Program Dakwah

Dilansir Headline.co.id dari UMN.AC.ID, pada jurusan informatika ini mempelajari berbagai prinsip keilmuan dibidang komputer. Didalamnya kita melakukan perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak.

Teknik Informatika Belajar apa saja?

Untuk mendukung perkembangan teknologi di era 4.0 ini,Jurusan Teknik Informatika merupakan salah satu yang memiliki peluang besar karena dalam Jurusan Teknik Informatika kita mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman (C ++, Ruby, Javascript, Haskell, Go, Perl, PHP, C, C #, Java, dan Python, dll), Jaringan Komputer, keamanan sistem, Routing dan Switching, sistem paralel, pengembangan game, pemrosesan gambar digital, Pengolahan Bahasa Alami, Komputasi Berbasis Biologi, Pembelajaran Mesin, Pemrograman Basis Data, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Kamera DSLR Nikon D90: Ini Review Spesifikasi dan Harga Terbaru

Menurut Bureau of Labor and Statistik (BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan tumbuh sangat pesat antara 2014-2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 12%, diatas rata-rata bidang profesi pada umumnya. Lulusan Teknik Informatika memiliki prospek kerja yang luas dan bervariasi, misalnya sebagai software engineer & developer (pengembang perangkat lunak), analis, konsultan, ahli jaringan, keamanan sistem dan jaringan serta bertanggung jawab mengkoordinasikan pembangunan, pemeliharaan, dan perluasan sistem komputer dalam sebuah organisasi.

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Teknik Informatika

Salah satu pertanyaan klasik yang sering pertanyakan adalah apa prospek kerja jurusan teknik informatika? Tentunya lulusan jurusan teknik informatika saat ini sedang banyak dibutuhkan baik di pemerintahan, BUMN, Perusahaan hingga intitusi pendidikan. berdasarkan data SBMPTN 2021 jurusan ini masuk lima besar jurusan terpopuler di komunitas ilmiah.

Baca juga: Review Canon EOS 1300D : Harga Spesifikasi dan Kelebihan kekurangan Terbaru

Berikut ini adalah prospek kerja dan gaji lulusan teknik informatika :

1. Programmer

Salah satu peluang yang dapat digeluti lulusan Teknik Informatika adalah menjadi programmer. Programmer merupakansalah satu pekerjaan yang sedang diminati dikalangan anak muda. Disamping itu profesi menjadi programmer dianggap memiliki prospek baik untuk masa depan. Selain itu menjadi programmer memiliki gaji besar biasanya gaji pemula adalah Rp 5-10 juta

2. Software developer

Selain menjadi programmer lulusan teknik informatika juga bisa menjadi pengembang perangkat lunak atau lebih sering dikenal dengan istilah Software developer. Profesi ini berperan penting dalam membuat perangkat lunak atau aplikasi. Gaji yang bisa didapatkan oleh para software developer bisa mencapai Rp 8 juta.

Baca juga: Review Spesifikasi dan Harga Kamera Canon EOS 60D Terbaru

3. Konsultan IT

Nah yang paling keren yakni kamu bisa menjadi konsultan IT. Apalagi saat ini sedang banyak sekali UMKM yang sedang merangkak naik namun masih memiliki kendala terkait teknologi informasi kamu bisa mengambil peluang menjadi konsultan IT langsung ke perusahaan atau kamu juga bisa langsung bekerja menjadi konsultan IT di perusahaan besar. Dan menjadi konsultan IT kamu bisa mendapatkan gaji sangat besar yakni kisaran Rp 6-11 juta.

4. Administrator Jaringan

Tentu salah satu hal yang cukup dibutuhkan adalah menjadi administrator jaringan. Pekerjaan ini bisa kamu temukan di berbagai tempat tugas utama dari administrator jaringan adalah melakukan konfigurasi, pemeliharaan, dan pemantauan jaringan. Untuk gajinya sendiri cukup menarik yakni bisa sampai Rp 9 Juta.

Baca juga: Bagus Mana Sony A7III Vs Sony A7C ?, Ini Perbandingan Kelebihan dan Fitur Menarik didalamnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *