Melalui Program Siap Siaga, BNPB Perkuat Kerjasama Bidang Penanggulangan Bencana dengan Pemerintah Australia

Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan menandatangani AWP Program Siap Siaga Tahun 2022 di kantor Kedutaan Besar Australia di Jakarta
Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan menandatangani AWP Program Siap Siaga Tahun 2022 di kantor Kedutaan Besar Australia di Jakarta. (BNPB)

Melalui Program Siap Siaga, BNPB Perkuat Kerjasama Bidang Penanggulangan Bencana dengan Pemerintah Australia ~ Headline.co.id (Jakarta). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pemerintah Australia perkuat kerjasama di bidang penanggulangan bencana dengan melakukan penandatanganan Annual Work Plan (AWP) Program Siap Siaga Tahun Anggaran 2022 bertempat di Kantor Kedutaan Besar Australia di Jakarta pada Kamis (10/3). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Indonesia dalam mencegah, mempersiapkan, menangani dan pulih dari bencana dengan cepat.

Baca juga: Bertolak ke DIY, Presiden Akan Hadiri Dies Natalis ke-46 UNS

Sekretaris Utama BNPB, Lilik Kurniawan yang hadir langsung saat penandatanganan, menyampaikan, program ini sangat penting guna mendukung kinerja BNPB dalam penanggulangan bencana.

“AWP Program Siap Siaga ini menjadi penting guna mendukung kinerja unit teknis yang ada di BNPB dalam penanggulangan bencana juga menjadi acuan implementasi program pada Tahun Anggaran 2022,” ujar Lilik.

Baca juga: Sekda Lumajang Harapkan ada Peningkatan Inovasi Daerah di Tahun 2022

Lebih lanjut dirinya berharap, program ini dapat mengisi kekurangan dalam penanggulangan bencana khususnya dalam pengurangan risiko bencana.

“Apa yang telah disepakati ini, semoga target outputnya dapat tercapai dan mampu mengisi gap pelaksanaan program penanggulangan bencana,” lanjutnya.

Tak lupa Ia mengapresiasi kepada pemerintah Austalia atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik ini.

Baca juga: Berikan Pelayanan Prima, Menag dan Kemenag Bali Raih Penghargaan Kementerian PANRB

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah Australia atas kerjasama yang baik yang telah terjalin selama ini dengan Pemerintah Indonesia khususnya BNPB dalam hal Penanggulangan Bencana”, pungkasnya.

Program SIAP SIAGA, merupakan Kerja Sama antara Pemerintah Indonesia (BNPB) dengan Pemerintah Australia tentang Kemitraan Indonesia Australia untuk Kesiapsiagaan Bencana, dengan periode kerjasama yaitu 2019 – 2024. Tahun 2022 merupakan tahun ketiga kerja sama ini berjalan.

Baca juga: Belum Sepenuhnya Bebas! Pelonggaran Mobilitas Masyarakat Harus Diimbangi Dengan Protokol Kesehatan Ketat

Adapun isi dari program Siap Siaga meliputi, memperkuat sistem organisasi BNPB untuk menghasilkan kepemimpinan dalam pengelolaan risiko bencana yang lebih baik, kemudian memperkuat kapasitas pengelolaan risiko bencana daerah dan ketangguhan masyarakat, selanjutnya memperkuat kerja sama antara Australia dan Indonesia di bidang kemanusiaan di tingkat regional serta memperkuat pembelajaran, inovasi dan inklusi untuk pengelolaan risiko bencana.

Tindak lanjut dari penandatanganan AWP ini, Tim Siap Siaga akan meneruskan proses diskusi strategi pelaksanaan kegiatan yang tertuang dalam AWP agar implementasi dapat segera dilakukan.

Baca juga: Presiden Terima Laporan Hasil Kunjungan Menko Marinves ke Arab Saudi

Penandatanganan ini dihadiri oleh Perwakilan Kedeputian Bidang Sistem dan Strategi BNPB, Perwakilan Biro Perencanaan BNPB, Perwakilan Biro Hukum, Organisasi dan Kerjasama BNPB, Perwakilan Kedutaan Besar Australia, Counsellor DFAT dan Perwakilan Tim Siap Siaga.

Baca juga: Pemkab Berencana Terapkan Program Gerakan Sekolah Mengaji untuk Jenjang SD dan SMP di Lumajang

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.