Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Advertorial

Mengenal Specialty Chemicals di Indonesia

673
×

Mengenal Specialty Chemicals di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi speciality chemicals
Ilustrasi speciality chemicals (Foto: specchemonline.com)

Mengenal Specialty Chemicals di Indonesia ~ Headline.co.id. Eonchemicals merupakan perusahaan specialty chemicals yang sudah ada sejak tahun1987. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahan bahan kimua khusus, pemasaran, penelitian, pengembangan dan layanan teknik untuk memberikan solusi di berbagai industri seperti Baja, Gula, tambang, semen, dan masih banyak industry lainnya.

Baca juga: Bertolak ke DIY, Presiden Akan Hadiri Dies Natalis ke-46 UNS

Bagi yang masih awam, specialty chemicals sendiri biasa disebut dengan produsen bahan kimia. Sementara bagi yang belum tau bahan kimia sendiri memiliki banyak sekali jenisnya mulai dari bahan kimia khusus, Manufaktur bahan kimia (specialty chemicals manufacturers).
Bahan kima khusus merupakan salah satu produk kimia tertentu yang dapat memberikan berbagai macam efek yang diandalkan oleh banyak faktor di sektor industri. Salah satu contoh bahan kimua khusus adalah perekat , bahan kimia pertanian , bahan pembersih , warna, aditif kosmetik , bahan kimia konstruksi, elastomer , rasa , aditif makanan , wewangian , gas industri , pelumas , cat, polimer , surfaktan, dan pembantu tekstil. Sektor industri lainnya seperti otomotif , dirgantara , makanan , kosmetik, pertanian.

Bahan kimia khusus tersebut memiliki kharakteristik fisik dan kimia dari molekul tunggal atau campuran molekul yang diformulasikan dan komposisi campuran mempengaruhi kinerja produk akhir.

Baca juga: Sekda Lumajang Harapkan ada Peningkatan Inovasi Daerah di Tahun 2022

Sementara Bahan kimia khusus biasanya diproduksi di pabrik kimia batch menggunakan teknik pemrosesan batch. Bagi yang masih awam proses batch sendiri merupakan proses di mana sejumlah produk tertentu dibuat dari input bahan baku yang tetap selama periode waktu yang terukur. Proses batch paling sering terdiri dari memasukkan jumlah bahan awal yang diukur secara akurat ke dalam bejana diikuti oleh serangkaian proses yang melibatkan pencampuran, pemanasan, pendinginan, membuat lebih banyak reaksi kimia, distilasi , kristalisasi , pemisahan, pengeringan, pengemasan dll, yang berlangsung di interval yang telah ditentukan dan dijadwalkan. Proses manufaktur didukung oleh aktivitas seperti pengujian kualitas, penyimpanan, pergudangan ,logistik produk, dan manajemen dengan daur ulang , pengolahan dan pembuangan produk sampingan , dan aliran limbah . Untuk “batch” berikutnya, peralatan dapat dibersihkan dan proses di atas diulang.

Baca juga: Berikan Pelayanan Prima, Menag dan Kemenag Bali Raih Penghargaan Kementerian PANRB

Sebagian besar bahan kimia khusus adalah bahan kimia organik yang digunakan dalam berbagai produk sehari-hari yang digunakan oleh konsumen dan industri. Ini adalah sektor yang digerakkan oleh konsumen dan dengan demikian industri kimia khusus harus inovatif, berwirausaha, dan digerakkan oleh konsumen. Berbeda dengan produksi bahan kimia komoditas yang biasanya dibuat pada unit manufaktur produk tunggal skala besar untuk mencapai skala ekonomi , unit manufaktur khusus dituntut untuk fleksibel karena produk, bahan baku , proses &, kondisi operasi dan bauran peralatan dapat berubah. secara teratur untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Untuk di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali bahan kima yang sering digunakan salah satunya adalah bahan kima pembersih alumunium atau sering disebut Cleaning Chemicals. Biasanya bahan kimia ini dapat bekerja efektif dan aman untuk alumunium.

Tak hanya itu juga terdapat sealant tahan panas tinggi biasanya ini tidak meleleh meski temperature tinggi (900 derajat celcius). Sealant ini biasanya juga memiliki sifat konduktor yang cukup.

Baca juga: Belum Sepenuhnya Bebas! Pelonggaran Mobilitas Masyarakat Harus Diimbangi Dengan Protokol Kesehatan Ketat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *