Hari Raya Idul Adha, Layanan Rapid Test di Stasiun Purwokerto Mulai Pukul 13.00

  • Whatsapp
Rapid Test di Stasiun Purwokerto
Rapid Test di Stasiun Purwokerto

Headline.co.id (Purwokerto) ~ PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerjasama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menyediakan layanan Rapid Test Covid-19 seharga Rp 85.000 di berbagai stasiun bagi pelanggan yang akan naik Kereta Api Jarak Jauh.

Di stasiun Purwokerto sudah tersedia fasilitas Rapid-test bagi calon penumpang KA. Yang dimulai hari Kamis 30 Juli 2020.

Bacaan Lainnya

baca juga: Polda DIY Serahkan 6 Ekor Sapi Ke Ponpes, Panti Asuhan dan Warga Masyarakat Untuk Kurban 1441 H

Pelanggan yang berhak melakukan Rapid Test di stasiun ini diharuskan memiliki kode booking tiket KA Jarak Jauh.

Di stasiun Purwokerto, pelayanan Rapid-test dilaksanakan di hall stasiun.

“Layanan ini kami sediakan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang akan menggunakan kereta api di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Kami berharap pelanggan kereta api dapat memaksimalkannya” demikian disampaikan Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, mengutip pernyataan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

baca juga: Berprestasi, Tim Tembak Polda DIY Berjaya di Kapolri Cup 2020

Inovasi ini adalah hasil dari sinergi BUMN antara KAI dengan RNI melalui anak usahanya PT Rajawali Nusindo. Tentunya kolaborasi antar BUMN ini dalam rangka turut mewujudkan Indonesia yang lebih maju.

Layanan Rapid Test tersedia di Stasiun Purwokerto, mulai pukul 07.00 s.d 19.00. “Karena terbatasnya jam pelayanan Rapid-test di stasiun Purwokerto, untuk calon penumpang KA, kami sarankan untuk melaksanakan Rapide test sehari sebelum jadwal keberangkatan KA nya,” pesan Supriyanto. Hasil Rapid-test ini berlaku selama 14 hari kedepan, dan sebagai salah satu syarat naik KA jarak jauh.

Dan sebagai informasi, khusus pada hari Jumat, 31 Juli 2020, bertepatan dengan peringatan hari raya Idul Adha, pelayanan Rapide test akan dimulai pukul 13.00 – 19.00.

Kegiatan ini juga berlangsung di 12 stasiun lainnya, yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, serta Purwokerto.

baca juga: 190 Ponsel Disita, Putra Siregar Pemilik PS Store Jadi Tersangka Penjualan Barang Ilegal

Sudah beberapa perjalanan KA reguler yang melewati wilayah Daop 5 Purwokerto, yang kembali beroperasi. Baik yang berjalan setiap hari, seperti KA Bengawan (Purwosari, Solo – Purwokerto – Pasarsenen), KA kahuripan (Blitar – Kiaracondong), KA Kamandaka (Purwokerto- Semarang). Juga yang berjalan setiap hari Jumat-Sabtu-Minggu, seperti KA Bima (Gambir-Malang), KA Turangga (Surabaya Gubeng – Bandung – Gambir), KA Argo Lawu (Solo – Gambir), KA Argo Dwipangga (Solo – Gambir), KA Joglosemarkerto (Purwokerto – Solo – Semarang – Purwokerto).

Tiket dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, Web kai.id, dan seluruh mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya.

KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam perjalanan seperti mensyaratkan surat keterangan bebas Covid-19, wajib memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak nafas), serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang.

baca juga: Polisi Gagalkan Siswi SMP Jual Diri Untuk Kuota Internet

Pelanggan KA Jarak Jauh juga diharuskan mengenakan Face shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan. Bagi pelanggan dewasa, Face Shield akan disediakan KAI. Sedangkan pelanggan dengan usia dibawah 3 tahun (infant) agar membawa Face Shield pribadi

Dan, penyediaan layanan Rapid Test di stasiun Purwokerto ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api.

baca juga: Gubernur WH: Sesuai Ketentuan, APBD Provinsi Banten Penuhi Kriteria Untuk Dilakukan Perubahan

“Dengan hadirnya layanan ini, diharapkan mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan,” pungkas Supriyanto.

PT KAI tetap mengutamakan keselamatan perjalanan KA beserta penumpang dan barang yang diangkutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *