World Class Profesor Akan Digelar November Ini, Kemendikbud Anggarkan Rp5 Miliar

  • Whatsapp
Suasana perkuliahan.
Suasana perkuliahan.

HeadLine.co.id (Jakarta) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menganggarkan uang sebesar Rp5 miliar untuk penyelenggaraan kegiatan tahunan “World Class Profesor” (WCP).

Direktur Sumber Daya Kemendikbud, Dr Mohammad Sofwan Effendi menjelaskan bahwa kegiatan WCP sepanjang 2017 hingga 2019 sudah menghasilkan 379 publikasi bersama dengan dosen-dosen di Indonesia.

Baca juga: Pemerintah Inggris Izinkan Premier League Kembali Bergulir 1 Juni 2020

“Tahun ini anggaran untuk WCP hanya sekitar Rp5 miliar. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang anggarannya di atas Rp10 miliar,” ujar Sofwan dalam telekonfrensi di Jakarta. Senin, (11/05).

Bacaan Lainnya

Sementara itu, WCP merupakan sebuah program yang mengundang profesor kelas dunia dari berbagai perguruan tinggi ternama untuk ditempatkan berbagai perguruan tinggi di Tanah Air.

Baca juga: Banjir di Oku Timur, ACT Ajak Masyarakat Lampung Ikut Membantu

Nantinya program itu juga akan menyiapkan sumber daya manusia untuk meraih akreditasi internasional.

Baca juga: Jokowi Minta Kapasitas Uji Covid-19 Ditingkatkan

“Program ini dimaksudkan agar dosen hingga peneliti bisa berinteraksi dengan profesor ternama dunia, sehingga bisa meningkatkan kehidupan akademis, kompetensi, kuantitas dan kontribusinya bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan inovasi nasional,” ungkapnya.

“Untuk tahun ini, WCP akan diselenggarakan pada November 2020,” imbuh Sofwan.

Baca juga: Update Virus Corona di Indonesia Senin 11 Mei 2020: Terdapat 14.265 Kasus dan 2.881 Pasien Sembuh

Selain itu, jangka waktu profesor tamu di Indonesia minimal 10 hari dan maksimal 28 hari. Ketua dan anggota tim pelaksana boleh ke perguruan tinggi WCP yang diundang. Dia juga menerangkan, untuk tahun ini hanya dilakukan seminar atau lokakarya di dalam negeri dan tidak menanggung biaya hidup, honor WCP, transportasi, visa, dan asuransi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *