Banjir di Oku Timur, ACT Ajak Masyarakat Lampung Ikut Membantu

  • Whatsapp
Banjir
Banjir (ist)

Headline.co.id (Lampung) ~ Banjir yang melanda Kelurahan Pasar Martapura, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur masih terjadi sejak sepekan yang lalu. Ketinggian air setinggi pinggang orang dewasa dan ada beberapa wilayah mencapai 1,5 meter. Saat ini warga terdampak sedang bertahan di rumah Panggung sambil menunggu bantuan pangan dari para dermawan.

baca juga: Jokowi Minta Kapasitas Uji Covid-19 Ditingkatkan

Read More

Warga setempat, Maruta mengatakan banjir melanda tempat tinggalnya sejak beberapa hari lalu dan ketinggian air bervariasi.

Warga belum mengungsi ke tempat yang lebih tinggi karena rata-rata tinggal dirumah Panggung. Sehingga untuk aktivitas dapat dilakukan dari rumah.

“Namun hingga saat ini bantuan pangan belum tiba. Untuk mencukupi kebutuhan santap buka dan sahur mengandalkan logistik yang dimiliki masing-masing keluarga,” tuturnya, Senin (11/5/2020).

baca juga: Update Virus Corona di Indonesia Senin 11 Mei 2020: Terdapat 14.265 Kasus dan 2.881 Pasien Sembuh

Menurut Maruta, warga terdampak merasakan musibah bertubi-tubi. Pasalnya, saat ini Pandemi Corona menghantam perekonomian masyarakat setempat.

“Ditambah banjir yang mengepung wilayahnya. Hal ini membuat warga tidak bisa mengais rejeki untuk bertahan hidup,” bebernya.

Saat dihubungi via telpon, dirinya berharap bantuan pangan segera disalurkan supaya kesehatan warga terjamin. Ditengah Pandemi Corona diperlukan imunitas yang tinggi supaya terhindar dari penularan Virus Corona.

Baca juga: Penutupan Gerai McD Sarinah Disebut Langgar Aturan PSBB

“Kalau akses ke lokasi bisa menggunakan mobil atau motor, kami makan pakai sembako yang ada di rumah masing-masing,” jelasnya.

Marketing Komunikasi ACT Sumsel Hening Ugi mengatakan tim akan segera merespon informasi yang didapat dengan mengalihkan operasional relawan Emergency Respons dari OKU Raya ke Martapura. Selain mengirim relawan, pihaknya juga akan mengirim logistik.

Sedangkan Kepala Cabang ACT Lampung, Dian Eka Darma Wahyuni mengajak masyarakat Lampung untuk peduli terhadap masyarakat yang terdampak banjir dengan menyalurkan bantuan terbaik.

baca juga: Hujan Deras Sebabkan Sejumlah Kecamatan Di OKU Timur dan OKU Selatan Direndam Banjir

“Terutama untuk masyarakat Lampung yang berasal dari Sumatera Selatan baik individu, komunitas, organisasi mahasiswa dan lainya untuk bahu membahu membantu warga terdampak banjir,” terangnya.

Disaat Pandemi Corona dan menjalankan Ibadah Puasa, warga terdampak pasti membutuhkan asupan gizi dan semangat. Apalagi sebentar lagi akan tiba Hari Raya Idul Fitri, kebutuhan masyarakat pasti meningkat.

“Salurkan donasi dan zakat untuk warga terdampak melalui Rekening BNI Syariah 77 0000 525 an Aksi Cepat Tanggap,” tutupnya.

baca juga: Balitbangtan Kembangkan Varietas Unggul Baru Padi Untuk Daerah Pantai, Berapa Potensi Hasilnya?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *