Hujan Deras Sebabkan Sejumlah Kecamatan Di OKU Timur dan OKU Selatan Direndam Banjir

  • Whatsapp
Banjir di Kabupaten OKU Selatan
Banjir di Kabupaten OKU Selatan. (ANTARA)

Headline.co.id (Palembang) ~ Sejumlah kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan terendam banjir akibat peningkatan debit air sungai akibat diguyur hujan deras.

baca juga: Balitbangtan Kembangkan Varietas Unggul Baru Padi Untuk Daerah Pantai, Berapa Potensi Hasilnya?

Read More

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Selatan Ansori di Palembang, pada Jumat (8/5), menyampaikan bahwa banjir paling parah menerjang Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dengan empat kecamatan yang terdampak yakni Kecamatan Muaradua, Kecamatan Simpang, Kecamatan Buana Pemaca dan Kecamatan Buay Sandang Aji.

Menurut Ansori, perkiraan terdapat 55 rumah warga di empat kecamatan tersebut terendam banjir, untuk data lengkapnya sedang dihitung.

Banjir hingga siang ini masih merendam dan petugas gabungan terus mengevakuasi warga yang rumahnya terendam, sebab ketinggian air saat banjir merendam mencapai ketinggian dada orang dewasa.

baca juga: LKKS Bandarlanpung Bagikan 800 Paket Sembako Untuk Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Sementara untuk korban jiwa hingga saat ini belum ada laporan, namun warga mengalami kerugian harta benda serta sejumlah jembatan gantung di sepanjang aliran sungai terputus.

Pemerintah Ogan Komering Ulu Selatan juga telah mendirikan posko bantuan kesehatan dan dapur umum untuk membantu warga terdampak agar tetap bisa bertahan.

Luapan banjir mulai terjadi pada Jumat dinihari dari Sungai Saka dan Sungai Selabung yang bermuara ke Sungai Komering, akibatnya banjir juga merembet ke Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang berada di aliran hilir Sungai Komering.

baca juga: Update Data Terbaru Kasus Virus Corona di Jateng, 915 Positif dan 261 Sembuh

Sementara Kalaksa BPBD Ogan Komering Ulu Timur, MGS Habibullah, menambahkan derasnya debit Sungai Komering membuat jembatan roda dua penghubung antardesa di Desa Pulau Negara Kecamatan BP Peliung ambrol dan tidak dapat dilintasi.

“Kami juga dapat informasi di Desa Baturaja Bungin Kecamatan Bunga Mayang banjir merendam rumah warga hingga ketinggian satu meter, tim TRC BPBD Ogan Komering Ulu Timur sedang menuju lokasi membawa perahu karet untuk evakuasi,” kata MGS Habibullah dilansir dari Antara.

baca juga: Pemprov Lampung Fasilitasi Rapid Test Wartawan, AJI dan IJTI Lampung Kecam Perbuatan tersebut

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *