Wakil Ketua MPR RI Beri Apresiasi PLN Bantu UMKM Pada Masa Pandemi Virus Corona

  • Whatsapp
Wakil Ketua MPR RI dari Partai Demokrat Syarief Hasan
Wakil Ketua MPR RI dari Partai Demokrat Syarief Hasan. (ANTARA News/Fathur Rochman)

Headline.co.id (Jakarta) ~ Wakil Ketua MPR RI Syariefuddin Hasan memberikan apresiasi atas gerak cepat PT PLN dalam membantu para pelaku industry usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terdampak Covid-19, dengan memberikan kebijakan diskon tagihan listrik sebesar 50 persen hingga pembebasan tagihan selama 6 bulan.

baca juga: Teh Hangat atau Air Putih untuk Membatalkan Puasa? Berikut Rekomendasi Ahli Gizi

“Saya memberikan apresiasi besar kepada PLN. Kebijakan PLN tersebut sangat membantu masyarakat terdampak,” kata Syarief Hasan, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Politisi Partai Demokrat tersebut berharap agar kebijakan luar biasa PLN tersebut menjadi contoh baik dan diikuti instansi-instansi lainnya, yang juga sangat dibutuhkan dan sangat membantu pelaku UMKM.

baca juga: Update Terbaru Virus Corona di Indonesia Minggu 3 Mei 2020: Kasus Positif Tembus 11.000, Pasien Sembuh Mencapai 1.876 Orang

Syariefuddin juga mencontohkan kebijakan penundaan dan pembebasan pembayaran kredit perbankan (KUR).

Menurutnya, langkah-langkah kebijakan tersebut dan kebijakan-kebijakan pemerintah lainnya pada masa penanganan pandemic ini sangat besar manfaatnya bagi para pelaku industri kecil sebab mereka adalah salah satu elemen masyarakat yang merasakan dampak serta tekanan besar akibat COVID-19

Dalam upaya penanganan pandemic, lanjut Syariefuddin, Pemerintah telah menyiapkan anggaran stimulus ekonomi untuk penanganan COVID-19 hingga Rp405,1 triliun. Untuk itu, dia berharap agar stimulus itu bisa dirasakan manfaatnya oleh para pelaku UMKM yang jumlahnya hampir 60 juta.

baca juga: 91 Juta Data Pengguna Tokopedia Diperjual Belikan di Dark Web

Syariefuddin mengungkapkan bahwa kekuatan UMKM  tersebut bisa membantu pemerintah dalam mengatasi pengangguran dan kemiskinan yang meningkat tajam akibat pandemi virus corona.

“Pelaku UMKM adalah penopang ekonomi rakyat. Artinya, merekalah yang utama menggerakkan ekonomi Indonesia,” katanya pula.

Syarief meyakini dengan keberpihakan kepada UMKM melalui kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah, para pelaku UMKM akan bisa bertahan dan akan menimimalisir pengangguran serta kemiskinan yang saat ini meningkat tajam akibat COVID-19.

baca juga: Wajib Tau! Begini Tips Menyimpan Buah, Daging, dan Sayur Agar Tahan Lama Saat Pandemi Covid-19

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *