by

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Dispar Gunung Kidul Tunda Event Pariwisata Bersekala Besar

Headline.co.id (Gunungkidul, Yogyakarta) ~ Virus corona (COVID-19) yang kini melanda wilayah Indonesia, membuat berbagai pihak turut melakukan antisipasi pencegahan, salah satunya adalah Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul dengan melakukan pemantauan perkembangan pencegahan dan penanganan virus penyebab salah satunya penyakit COVID-19 itu hingga saat ini.

baca juga: Pendapat Psikolog Terkait Sejumlah Artis yang Akui Hamili Istri Sebelum Menikah

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan dari Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) , pihaknya akan melakukan penundaan sementara waktu untuk event pariwisata di Gunungkidul. Event besar yang melibatkan banyak orang dalam satu titik akan ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Asti juga mengatakan bahwa batas waktu penundaan sementara hingga aturan pencegahan lainnya, pihaknya masih menunggu kebijakan yang akan dikeluarkan secara resmi oleh Bupati Gunungkidul. Isi surat tersebut masih menunggu hasil rapat koodinasi dengan Gubernur DIY.

Akibatnya beberapa event yang harusnya digelar dalam waktu dekat harus di tunda seperti hanya ada 21-22 Maret senam massal, parade karawitan anak di kawasan wisata air terjun Sri Getuk, lomba cipta menu pangan, parade seni kerakyatan, festival musik etnik di Geosite Ngingrong, festival rock fishing di pantai Gunungkidul, hingga event besar pada April, yakni Gunung Sewu Runtastic 2020 di Geosite Ngingrong.

baca juga: Suami Selingkuh, Sang Istri Robohkan Rumahnya

Namun untuk destinasi wisata di Gunungkidul belum ada kebijakan untuk melakukan penutupan kebijakan lain menunggu dari Pemerintah DIY. Dispar Gunungkidul hanya meminta untuk terus melakukan peningkatan kewaspadaan dalam memberikan keamanan dan kenyamanan kepada wisatawan.

Salah satu hal yang dilakukan adalah memerikan hand sanitizer dengan tepat dan diharapkan pengunjung meningkatkan kebersihan mereka.

baca juga: Upaya PT KAI Daop 6 Yogyakarta Cegah Penyebaran Virus Corona

Terkait masalah penanganan, lanjut Asti, pihaknya akan terus memperbaharui informasi jika ada kebijakan-kebijakan terbaru terkait perkembangan situasi terkini dan terus berkoordinasi dengan posko terpadu pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19 DIY.

Comment

News Feed