by

Upaya PT KAI Daop 6 Yogyakarta Cegah Penyebaran Virus Corona

HeadLine.co.id, (Yogyakarta) – Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto beserta jajarannya melakukan pengecekan ke stasiun-stasiun di wilayah Daop 6. Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di stasiun.

Sabtu 14 maret pkl 08.00 wib
Stasiun pertama yang dikunjungi adalah Stasiun Tugu Yogyakarta. Eko memberi arahan kepada para petugas reservasi dan boarding untuk lebih teliti dalam mengecek suhu para penumpang.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Menteri Perhubungan Positif Corona, Jokowi Tunjuk Luhut Sebagai Menhub Ad Interim

Dalam perjalanan menuju Stasiun Solo Balapan dengan menggunakan KA Ranggajati, Eko juga memberikan arahan kepada prama-prami. Ia meminta para kru untuk segera lapor ke poskes di stasiun pemberhentian bila merasa flu atau suhu badan tidak stabil.

“Jangan lupa untuk sering mencuci tangan dengan sabun setelah berkeliling dan tidak perlu takut tapi harus waspada satu sama lain,” ujarnya.

Kepala Daop 6 Yogyakarta memastikan setiap ruang di Stasiun Besar Yogyakarta bersih demi pencegahan virus Corona.
Direktur Keselamatan dan Keamanan John Robertho bersama Executive Vice President Daop 6 Yogyakarta memastikan setiap ruangan di Stasiun Besar Yogyakarta bersih demi pencegahan virus Corona. (Foto: Headline.co.id/TM)

Stasiun kedua yang dikunjungi oleh EVP beserta jajarannya adalah Stasiun Solo Balapan. Senada seperti arahnya di stasiun sebelumnya, Eko juga memberikan sosialisasi kepada para petugas kepada para Customer service dan petugas lainnya untuk menjaga pola hidup sehat.

“Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat dan selalu cuci tangan,” tambah Eko.

Selain memberikan arahan, ia juga mengadakan pengecekan kebersihan stasiun dan fasilitas umum penumpang serta kesigapan petugas dalam memberikan pelayanan kepada penumpang.

Lebih lanjut Eko Purwanto juga melakukan pencegahan virus Corona di Daop 6 baik di kalangan internal maupun eksternal. Di kalangan internal upaya yang dilakukan adalah pemberian hand sanitizer kepada unit pekerja dan juga loket serta customer service, melakukan bersih-bersih lingkungan serta selalu mengukur suhu tubuh saat akan bekerja dan sesudah bekerja.

Hasil pengukuran suhu tersebut harus terdokumentasikan dan dikirim ke unit kesehatan setiap harinya. Selain itu para pegawai diwajibkan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah bekerja.

Pada malam harinya sekitar pukul 21.00 WIB, Daop 6 juga melakukan sterilisasi Stasiun Tugu. Sterilisasi tersebut juga dihadiri oleh Direktur Keselamatan dan Keamanan, John Robertho.

“Pada pukul 21.00 WIB dilakukan sterilisasi, cairan pembersih yang digunakan mengandung amonia dimana menurut CDC bisa membunuh virus corona,” terang Eko.

Baca Juga: Corona dan Spiritual

Di kalangan eksternal, Daop 6 juga melakukan koordinasi dengan BPBD dan Dinas Kesehatan serta PKM terdekat stasiun guna mengantisipasi virus corona.

Pengecekan berlanjut pada hari Minggu (15/03). Rencananya Eko Purwanto beserta jajaran Daop 6 akan melanjutkan pengecekan ke stasiun-stasiun yang berada diwilayah Daop 6. Upaya yang dilakukan oleh Daop 6 guna mencegah Covid 19 demi keamanan para penumpang dan perjalanan kereta api aman terkendali.

Comment

News Feed