Tahukah Kamu Daun Bidara? Ternyata memiliki Manfaat dari Kecantikan Hingga Kesehatan

  • Whatsapp
Manfaat dan Kandungan Daun Bidara
Manfaat dan Kandungan Daun Bidara

Headline.co.id (Jakarta) ~ Tumbuhan yang diberi nama Bidara atau widara (Ziziphus mauritiana) merupakan pohon kecil yang biasa tumbuh di kawasan kering. Selain dikenal dengan nama bidara di beberapa tempat pohon ini juga popular dengan sebutan widara dara, rangga, bukol, atau kalangga.

baca juga: Kemenkes: Pesawat Airbus 330  Penjemput WNI ABK Diamond Princess Sudah Mendarat Di Haneda

Biasanya masyarakat Arab menyebutnya nabka, dan dalam bahasa Ingris tumbuhan ini dikenal dengans ebutan jujube, Chinese apple atau Indian plum. Taukan kamu ternyata daun dari pohon bidara ini memiliki manfaat yang sudah sejak lama dipercaya dan sebagai bahan obat tradisional yang sangat familiar bagi masyarakat di pedesaan dan pelosok.

Bahkan ada mitos juga yang beredar bahwa daun bidara dapat membantu untuk mengusir jin dan setan. Meski terdengar agak tidak masuk akal, ada beberapa kepercayaan yang membaca doa dengan membawa daun bidara.

Daun bidara yang masih muda juga bisa dijadikan sebagai sayuran, namun jika diremas dengan air daun bidara agak sedikit berbusa. Sehingga pengobatan tradisional sering menggunakan air rebusan daun bidara.

Kandungan Daun Bidara

Ternyata didalam daun bidara memiliki kandungan yang cukup lengkap lo, Menurut Nutrisi USDA, didalam 100 gram daun bidara terdapat energi (5,92 kcal), karbohidrat (17 gram), protein (0,8 gram, lemak (0,07 gram), dan air (81,6 gram).

baca juga: KAI Divre IV Tanjungkarang Gelar Pengobatan Gratis di Stasiun Tarahan

Selain itu juga ada kandungan gula (5,4 gram), serat pangan (0.60 gram), kalsium25,6 mg (3%), fosfor26,8 mg (4%), zat besi, tiamina (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3).

Melalui proses destilasi bisa dihasilkan minyak daun bidara (Zizyphus spina-christi) yang kaya dengan kandungan kimianya. Seperti metil hexadecanoate, geranyl aseton, hexadecanol, metil octadecanoate, etil octadecanoate, farnesyl aseton C.

Daun yang muda sering dijadikan sayuran, sedangkan yang tua baik untuk pakan ternak. Bisa juga dengan cara membuat teh daun bidara atau direbus untuk diminum airnya sebagai jamu ataupun untuk mandi.

30 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya
Daun Bidara

Berikut ini adalah 10 manfaat daun bidara yang bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari hari:

1. Menyembuhkan Luka

Dalam Daun Bidara itu mengandung alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin hingga minyak atsiri. Namun kandungan ini dapat ditemukan lebih banyak di akar bidara.

baca juga: Pemerintah Utamakan Prinsip Kehati-hatian Tangani Pemulangan WNI di Diamond Princess

Daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri sehingga dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Kandungan senyawa glikosida di daun bidara membantu menghilangkan bekas luka bakar atau bekas goresan.

Cara pengaplikasiannya adalah mengonsumsi air rebusan daun bidara dan mengoleskannya pada luka.

2. Menghilangkan Jerawat

Ternyata Daun Bidara juga membantu mengempeskan jerawat. Caranya adalah menumbuh beberapa lembar daun bidara hingga halus lalu tambahkan sedikit lemon hingga kental. Setelah itu oleskan pada bagian yang berjerawat lalu diamkan hingga mongering kemudian bilas hingga bersih.

3. Mencegah Kulit Kering

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, daun bidara ini bisa membantu kulit tetap lembab. Daun bidara dikenal sebagai bahan perawatan kecantikan kulit sudah dilakukan sejak zaman China kuno. Bisa mencegah kulit kering, daun bidara dapat digunakan untuk perawatan kulit tangan, kaki hingga wajah.

4. Perawatan Kecantikan

Daun bidara juga dapat mengatasi penuaan dini dan mencegah keriput ataupun lingkaran hitam. Ambil beberapa lembar daun bidara dan tumbuk halus serta campur dengan air hingga kental. Gunakan sebagai masker hingga kering dan bilas dengan air hangat agar wajah tetap bersih terawat.

baca juga: Penelitian Dari Amerika Serikat Temukan Zat Berbahaya Dalam Makanan Bayi

5. Mengatasi Flu dan Demam

Daun bidara mengandung antibakteri yang bisa menangkal virus dan bakteri. Pada dasarnya flu disebabkan oleh virus yang dapat disembuhkan dengan menggunakan daun bidara.

Kandungan kimia dalam minyak daun bidara efektif untuk meredakan demam dan panas tinggi. Selain dengan minum air rebusannya, anda bisa menggunakannya untuk mandi.

6. Mengontrol Gula Darah

Manfaat daun bidara lainnya adalah dalam membantu penderita diabetes. Hal ini karena minum air rebusan daun bidara juga efektif untuk mengontrol dan menurunkan kadar gula darah.

7. Melebatkan dan Menghitamkan Rambut

Kandungan kimia dan fitokimia dalam bubuk daun bidara sangat efektif untuk digunakan dalam perawatan rambut. Bahkan herbal ini ampuh dalam memanjangkan dan menghitamkan rambut.

baca juga: Wagub Sumsel Minta Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

8. Mencegah Kerusakan DNA

Untuk melindungi sel DNA manusia dari pengaruh buruk radiasi actinic ternyata bisa dilakukan dengan daun bidara. Sejumlah penelitian menemukan bahwa kandungan mineral herbal ini sangat ampuh untuk cegah kerusakan DNA.

Sebenarnya masih ada banyak manfaat daun bidara untuk kesehatan, perawatan kecantikan, maupun mengobati penyakit. Herbal yang kaya zat aktif ini bisa menjadi tanaman obat keluarga yang siap digunakan.

9. Menjaga Kesehatan Mulut

Daun bidara juga bisa dugunakan untuk menjaga kesehatan mulut, Kandungan antioksidannya bisa membantu atasi masalah mulut seperti sariawan hingga bibir pecah-pecah.

10. Mengatasi Insomnia

Dalam daun bidara terdapat kandungan saponin yang dipercaya mampu memberikan efek menenangkan. Mengonsumsi teh daun bidara bisa menghindari insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *