Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DaerahBerita

Ratusan Wisatawan Gunungkidul Terkena Sengatan Ubur-ubur dalam Sepekan

5878
×

Ratusan Wisatawan Gunungkidul Terkena Sengatan Ubur-ubur dalam Sepekan

Sebarkan artikel ini
ilustrasi gambar ubur-ubur
ilustrasi gambar ubur-ubur (img: x KabarGunkid )

Headline.co.id, Gunungkidul ~ Ratusan pengunjung di Kawasan Wisata Pantai Gunungkidul mengalami sengatan ubur-ubur dalam waktu satu pekan terakhir. Fenomena ini terjadi karena banyaknya ubur-ubur yang mendarat di pantai yang ramai dikunjungi wisatawan.

Baca juga: Tabrak Mobil Truk Berhenti di Ringroad Timur, Pengemudi Satria FU Luka Serius

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II, Marjono, melaporkan bahwa sejak 23 Juni hingga hari ini, total 141 pengunjung tersengat ubur-ubur. “Hari ini laporan yang masuk ada satu di Pantai Sepanjang,” ungkap Marjono melalui telepon, Senin (1/7/2024).

Marjono menjelaskan bahwa bentuk ubur-ubur yang menarik dan berwarna biru membuat banyak anak-anak tergoda untuk menyentuhnya, menyebabkan mayoritas korban sengatan adalah anak-anak. “Ubur-ubur ini memiliki tentakel yang banyak dan biasanya muncul di pantai yang banyak pengunjungnya,” tambahnya.

Baca juga: Peringatan Hari Bhayangkara ke-78, Polresta Yogyakarta Beri Penghargaan pada Personel Berprestasi

Menariknya, Pantai Baron yang memiliki sumber air dari sungai bawah tanah tidak mengalami kemunculan ubur-ubur. “Ubur-ubur justru banyak datang di kawasan pantai yang ramai, tetapi kami belum mengetahui penyebab pastinya,” kata Marjono.

Diperkirakan, ubur-ubur ini akan terus muncul hingga pertengahan Agustus mendatang. “Saat ini jumlahnya mulai menurun karena hujan kiriman, tetapi biasanya muncul dari akhir Juni hingga pertengahan Agustus, bertepatan dengan musim dingin,” jelasnya.

Dampak dari sengatan ubur-ubur ini cukup serius, menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada bagian tubuh yang tersengat. Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit seperti sesak napas, seringkali harus dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat. “Dari 141 korban, sekitar 11 orang dibawa ke RSUD Saptosari untuk mendapatkan perawatan lanjutan,” kata Marjono.

Baca juga: Lima Remaja Diamankan di Bantul, Polisi Temukan Senjata Tajam dan Molotov

Sebagai langkah pencegahan, pengunjung pantai dihimbau untuk tidak menyentuh ubur-ubur berwarna biru. Petugas Satlinmas juga rutin mengingatkan wisatawan melalui pengeras suara dan telah menyiapkan obat-obatan untuk menangani sengatan ubur-ubur.

“Jika terkena sengatan, segera cari posko SAR terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama, atau langsung basuh dengan air bersih untuk mengurangi rasa sakit. Bermain di pantai tetap aman, posko kami sudah disiagakan,” tutup Marjono.

Terimakasih telah membaca Ratusan Wisatawan Gunungkidul Terkena Sengatan Ubur-ubur dalam Sepekan semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Atlet Bulutangkis China Meninggal Dunia saat Bertanding di Asia Junior Championship Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *