Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
KesehatanPemerintah

Pj. Bupati Lumajang Dorong Masyarakat Tingkatkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

2550
×

Pj. Bupati Lumajang Dorong Masyarakat Tingkatkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi gambar nyamuk
Ilustrasi gambar nyamuk (ist)

Headline.co.id, Lumajang ~ Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun), menegaskan bahwa fogging atau pengasapan bukanlah solusi utama dalam penanggulangan kasus demam berdarah. Dalam pernyataannya, Yuyun mengajak seluruh masyarakat untuk lebih menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) sebagai langkah pencegahan terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Baca juga: Korlantas Polri Terapkan Rekayasa Lalu Lintas untuk Arus Mudik dan Balik Lebaran

Yuyun menjelaskan bahwa fogging kini tidak lagi dianggap sebagai solusi yang efektif karena hanya membunuh nyamuk dewasa. Selain itu, penggunaan kandungan kimia dalam fogging juga berpotensi membahayakan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah melalui PSN.

Dalam penjelasannya, Yuyun menyoroti bahwa PSN merupakan upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat dengan menerapkan prinsip 3M Plus, yaitu menguras bak mandi, menutup rapat tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menampung air.

Selain itu, Yuyun juga mengimbau masyarakat untuk melaksanakan langkah tambahan seperti menaburkan bubuk abate, memelihara ikan pemakan jentik, dan memasang kawat kasa pada jendela dan pintu.

Baca juga: Mengenal Humum Keluar Air Mani pada Saat Ramadhan, Apakah Puasa Batal Atau Tidak?

Peningkatan kasus demam berdarah di Kabupaten Lumajang, khususnya pada anak-anak, menjadi perhatian serius. Oleh karena itu, Yuyun mengajak seluruh masyarakat untuk lebih waspada. Ia menekankan bahwa jika ada yang mengalami demam lebih dari dua hari, segera periksakan ke fasilitas kesehatan terdekat.

Yuyun menambahkan bahwa dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat dan mencegah penyebaran penyakit, partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat sangatlah penting.

“Dengan bersama-sama melakukan pemberantasan sarang nyamuk dan mengimplementasikan langkah-langkah PSN, diharapkan Kabupaten Lumajang dapat menjadi lebih sehat dan terhindar dari kasus demam berdarah,” imbuhnya.

Baca juga: BNPB Bersiap Meluncurkan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Jilid 2 untuk Tangani Bencana di Pantura Jawa Tengah

Upaya Yuyun dalam mengajak masyarakat untuk lebih aktif dalam pencegahan demam berdarah menunjukkan komitmen yang kuat dari pemerintah daerah dalam menghadapi tantangan kesehatan masyarakat. Hal ini sejalan dengan semangat untuk menciptakan Lingkungan Lumajang yang lebih sehat dan nyaman bagi semua warganya.

Terimakasih telah membaca Pj. Bupati Lumajang Dorong Masyarakat Tingkatkan Pemberantasan Sarang Nyamuk semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Berhasil di Tangkap di Jawa Barat, Pelaku Pembunuhan Perempuan di Kotabaru Jogja Terancam Hukuman Mati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintah Kabupaten Lumajang Maksimalkan Sistem Peringatan Dini untuk Warga
Humaniora

BPBD Lumajang Lakukan Gladi Lapangan Untuk Mitigasi Bencana ~ Headline.co.id (Lumajang). Pemerintah Kabupaten Lumajang (Pemkab) terus berupaya memaksimalkan sistem peringatan dini berbasis masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam….