Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Kesehatan

Mengenal Operasi Lasik Mata: Keuntungan, Efek Samping Hingga Biaya

5126
×

Mengenal Operasi Lasik Mata: Keuntungan, Efek Samping Hingga Biaya

Sebarkan artikel ini
Operasi Lasik Mata Adalah
Ilustrasi Gambar (ist)

Headline.co.id, Jakarta ~ Halo sobat headline, Karena ada beberapa yang request untuk membahas terkait operasi Lasik Mata. Pada kesempatan kali ini tim Headline Media akan membahas terkait operasi Lasik Mata. Nah untuk mata sendiri memiliki banyak sekali metode operasi. Nah salah satu metode yang cukup populer adalah operasi lasik mata.

Baca juga: Mitos Vaping Terpecahkan: Fakta-fakta Ilmiah dan Risiko Kesehatan yang Perlu Diketahui

Apa itu Operasi Lasik Mata?

Buat yang belum tau operasi LASIK (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis) merupakan salah satu prosedur bedah yang cukup popular untuk memperbaiki penglihatan mata. Penggunaan laser dalam operasi ini digunakan untuk mengubah bentuk kornea mata sehingga cahaya dapat difokuskan secara akurat pada retina mata.

Pengobatan kelainan refraksi, termasuk rabun jauh (miopia), rabun dekat (hipermetropia), dan astigmatisme, dapat dilakukan melalui prosedur LASIK mata. LASIK merupakan solusi permanen yang dapat membantu para pasien yang mengalami gangguan penglihatan tersebut untuk mengatasi ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak. Dengan LASIK, pasien dapat mengharapkan peningkatan kualitas penglihatan mereka tanpa perlu lagi bergantung pada alat bantu penglihatan.

Baca juga: Cari Klinik Kecantikan di Jogja, ini 8 Rekomendasi Terbaik Harga Bersahabat

Sejarah Metode Operasi Lasik

Ilustrasi Pemeriksaan Mata
Ilustrasi Pemeriksaan Mata (ist)

Walaupun LASIK sekarang menjadi salah satu prosedur yang paling populer untuk memperbaiki penglihatan, sejarahnya melibatkan puluhan tahun penelitian dan uji coba di bidang perawatan mata melalui pembedahan.

Pada tahun 1990-an, LASIK pertama kali diperkenalkan sebagai prosedur menggunakan laser excimer, teknologi laser yang sangat presisi untuk secara permanen membentuk ulang kornea yang sehat, memberikan penglihatan yang jelas tanpa perlu kacamata atau lensa kontak.

Kemudian, pada tahun 1999, teknologi muka gelombang (wavefront) muncul, memungkinkan analisis yang lebih akurat terhadap peta kornea seseorang. Kombinasi analisis muka gelombang dengan laser excimer memungkinkan pembentukan kornea yang disesuaikan secara unik untuk setiap pasien.

Baca juga: Panduan Menu Makanan Sehat dan Bergizi: Memahami dan Memilih dengan Bijak

Keberhasilan LASIK sangat bergantung pada kandidat pasien itu sendiri. Pemeriksaan menyeluruh oleh dokter mata dapat menentukan apakah seseorang cocok untuk menjalani LASIK dengan memperhatikan kebutuhan klinis individu. Karena itu, mereka yang mempertimbangkan LASIK sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mata untuk memahami prosedur sebelum, selama, dan setelahnya sebelum membuat keputusan.

Bagaimana Operasi LASIK Bekerja

Ilustrasi Ruang Pemeriksaan Mata
Ilustrasi Ruang Pemeriksaan Mata (ist)

Operasi LASIK bekerja dengan merombak bentuk kornea mata, yang merupakan lapisan jernih di depan iris yang membantu memfokuskan cahaya ke retina. Dalam prosedur LASIK, sebuah flap tipis dibuat pada kornea, kemudian laser digunakan untuk mengubah bentuk lapisan jaringan di bawah flap tersebut.

Baca juga: Mengenal Demam Berdarah Degue: Penyebab, Gejala, Obat, Hingga Pencegahan

Setelah itu, flap tersebut diletakkan kembali untuk menyembuhkan secara alami. Proses ini memungkinkan penglihatan yang lebih tajam tanpa memerlukan bantuan kacamata atau lensa kontak. Dengan cara ini, operasi LASIK memberikan solusi efektif bagi mereka yang ingin memperbaiki penglihatan mereka dengan cepat dan nyaman.

Keuntungan Operasi Lasik Mata

Operasi LASIK menawarkan berbagai manfaat bagi mereka yang memenuhi syarat sebagai kandidat yang cocok. Beberapa keuntungannya meliputi:

1. Pemulihan yang cepat: Sebagian besar pasien melaporkan pemulihan yang cepat setelah menjalani operasi LASIK. Ini berarti mereka dapat kembali ke aktivitas sehari-hari dengan cepat setelah prosedur tersebut.

Baca juga: Waspada Terhadap Diare dan ISPA Selama Musim Kemarau, Begini Cara Antisipasinya

2. Peningkatan penglihatan yang signifikan: Banyak pasien melaporkan peningkatan yang signifikan dalam kualitas penglihatan mereka setelah operasi LASIK. Mereka bisa melihat dengan lebih jelas dan tajam tanpa harus mengandalkan kacamata atau lensa kontak.

3. Tidak lagi memerlukan kacamata atau lensa kontak: Setelah menjalani operasi LASIK, kebutuhan akan kacamata atau lensa kontak bisa berkurang atau bahkan tidak diperlukan sama sekali. Hal ini memberikan kebebasan dan kenyamanan bagi pasien dalam menjalani aktivitas sehari-hari tanpa ketergantungan pada alat bantu penglihatan.

Baca juga: Perempuan Lebih Berisiko Gemuk: Faktor Biologis dan Kebiasaan Makan

Efek Samping Operasi Lasik Mata

Seperti halnya prosedur bedah lainnya, operasi LASIK juga memiliki risiko dan efek samping yang perlu diperhatikan. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Mata kering: Beberapa pasien mungkin mengalami mata kering setelah menjalani operasi LASIK. Meskipun biasanya bersifat sementara, kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mempengaruhi kualitas penglihatan. Penggunaan tetes mata yang direkomendasikan dapat membantu mengatasi masalah ini.

Baca juga: Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Wanita, Gigi, Kulit, Pencernaan Hingga Mata

2. Masalah penglihatan malam: Sejumlah pasien melaporkan kesulitan melihat dalam kondisi pencahayaan rendah atau pada malam hari setelah menjalani operasi LASIK. Hal ini bisa termasuk cahaya silau, halo, atau penurunan ketajaman penglihatan di malam hari. Meskipun ini umumnya bersifat sementara, bagi sebagian pasien, masalah ini bisa berlangsung lebih lama.

3. Overcorrection atau undercorrection: Dalam beberapa kasus, hasil operasi LASIK mungkin tidak sepenuhnya memperbaiki penglihatan atau bahkan menyebabkan masalah overcorrection (koreksi berlebihan) atau undercorrection (koreksi kurang). Ini dapat mempengaruhi kualitas penglihatan dan memerlukan penyesuaian tambahan atau prosedur korektif lainnya untuk memperbaiki hasilnya.

Baca juga: 13+ Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Serta Kajian Dalam Alquran dan Penelitian

Berapa Biaya Operasi Lasik Mata

Ketika mempertimbangkan opsi LASIK, penting untuk memahami bahwa salah satu faktor yang memengaruhi biaya adalah metode yang digunakan. Metode LASIK telah berkembang dari waktu ke waktu untuk meningkatkan keamanan dan efektivitas prosedur bedah.

Awalnya, LASIK dikenalkan dengan metode tradisional di mana pembentukan flap kornea dilakukan dengan pisau mikro konvensional. Meskipun lebih cepat dalam pembentukan flap, metode ini memiliki tingkat keakuratan yang lebih rendah. LASIK dengan metode konvensional ini cenderung memiliki biaya lebih rendah karena alat yang digunakan lebih terjangkau.

Baca juga: Mengenal Mata Katarak: Pengertian, Penyebab, Ciri-Ciri, Pengobatan, Hingga Biaya Operasi

Namun, seiring berjalannya waktu, metode LASIK mengalami perubahan. Alat dan teknologi yang digunakan semakin canggih. Dengan LASIK metode Femtosecond, flap kornea dibentuk menggunakan laser femtosecond, menghasilkan flap dengan tepi yang lebih presisi. Meskipun biaya LASIK dengan metode ini lebih tinggi karena penggunaan peralatan dan teknologi yang lebih canggih, proses pemulihan cenderung lebih cepat dan risiko mata kering pasca LASIK lebih minim.

Meskipun biaya LASIK mungkin terlihat mahal, KMN EyeCare berkomitmen untuk memberikan layanan berkualitas dengan harga terjangkau. Biaya LASIK di KMN EyeCare mencakup biaya administrasi dan biaya pemeriksaan awal. Biaya untuk satu mata adalah sekitar Rp 15.000.000,-, untuk dua mata adalah sekitar Rp 30.000.000,-, dan biaya pemeriksaan pra-LASIK sekitar ± Rp 7.000.000,-. Jadi, biaya total LASIK untuk kedua mata adalah sekitar Rp 37.000.000,-, belum termasuk biaya konsultasi dokter.

Terimakasih telah membaca Mengenal Operasi Lasik Mata: Keuntungan, Efek Samping Hingga Biaya semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Waspada! Ternyata Ini Penyebab Obesitas Yang Perlu Kamu Tau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *