Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Daerah

Banjir Melanda Kabupaten Natuna, 17 Jiwa Mengungsi dan Puluhan Rumah Terendam

5414
×

Banjir Melanda Kabupaten Natuna, 17 Jiwa Mengungsi dan Puluhan Rumah Terendam

Sebarkan artikel ini
Banjir di Natuna
Banjir di Natuna

Headline.co.id (Berita Daerah) ~ Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, dilanda banjir pada Minggu (19/11) yang disebabkan oleh hujan deras yang terjadi sejak pukul 08.00 WIB. Wilayah yang terdampak meliputi desa Batu Hitam, Desa Bandarsyah, Desa Ranai Kota, dan Desa Sebadai Ulu di Kecamatan Bunguran Timur.

Baca juga: Alissa Wahid Ajak Masyarakat GUSDURian Pilih Pemimpin dengan Hati Nurani

Menurut laporan Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 17 jiwa mengungsi dan 20 kepala keluarga terdampak. Kerugian materil akibat banjir mencakup 20 unit rumah yang terendam dan satu unit motor yang terseret oleh arus sungai.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna, Raja Darmika, menyampaikan informasi melalui sambungan telepon pada Senin (20/11). BPBD Natuna sedang melakukan upaya penanganan dengan melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Selain itu, mereka juga aktif dalam pengumpulan data, memberikan pertolongan, evakuasi, dan bantuan logistik kepada korban.

Baca juga: Qualcomm Menggebrak Pasar Smartphone Menengah dengan Snapdragon 7 Gen 3

Darmika menjelaskan bahwa banjir setinggi 100 cm merupakan jenis banjir genangan yang sering terjadi di daerah tersebut. Faktor penyebabnya antara lain adalah peningkatan intensitas hujan, buruknya sistem drainase perkotaan, dan perubahan fungsi lahan sebagai daerah resapan. Ia menekankan perlunya upaya serius dalam kegiatan pencegahan dan mitigasi bencana banjir di kota Ranai. Masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai diimbau untuk tetap waspada, meskipun air mulai surut, mengingat cuaca masih berpotensi hujan.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca di Kabupaten Natuna pada Selasa (21/11) diperkirakan berawan di siang hari dan hujan lebat pada malam hari. Sementara pada Rabu (22/11), cuaca diprediksi hujan ringan hingga sedang.

Baca juga: Samsung Galaxy M54 5G Resmi Meluncur di Indonesia: Unboxing, Spesifikasi, dan Pengalaman Pengguna

BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan menghadapi potensi banjir susulan. Pemeliharaan drainase primer, sekunder, dan tersier menjadi kunci penting agar infrastruktur keairan dapat berfungsi optimal dalam menampung dan mengalirkan debit air saat curah hujan tinggi.

Terimakasih telah membaca Banjir Melanda Kabupaten Natuna, 17 Jiwa Mengungsi dan Puluhan Rumah Terendam semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Review Samsung Galaxy M54 5G: Smartphone Terbaru untuk Gen Z Aktif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tanah Berlubang di Rongkop Gunungkidul
Daerah

Headline.co.id, Gunungkidul, 24 Januari 2024 – Kecemasan melanda warga Padukuhan Wuni, Kalurahan Melikan, Kapanewon Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, setelah dua lubang misterius muncul dari tanah yang tiba-tiba amblas. Badan Penanggulangan Bencana…