by

Gapeka 2019, ini Daftar Kereta Mengalami Perubahan Relasi

Headline.co.id (Yogyakarta) ~ Jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api di hampir semua stasiun mengalami perubahan mulai 1 Desember 2019 mendatang. Perubahan tersebut karena berlakunya grafik perjalanan kereta api 2019 yang akan menggantikan grafik perjalanan kereta api yang digunakan sejak 2017.

Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka itu sendiri ialah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api. Digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan. baca juga : KA Bandara Adi Soemarmo Solo Beroperasi Desember

Gapeka juga menggambarkan posisi perjalanan kereta api, mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api. baca juga : KAI Luncurkan 4 Kereta Api Baru, Ini dia Keretanya

Selain berdampak pada perubahan jam keberangkatan Gapeka 2019 ini juga mengubah relasi perjalanan kereta api, kereta apa saja yang menggalami perubahan berikut daftarnya:

Tabel Berubahan relasi perjalanan kereta api Gapeka 2019

No Gapeka 2017 Gapeka 2019
Nama Kereta Relasi Nama KA Relasi
1 Argo Wilis Surabaya Gubeng-Bandung (PP) Argo Wilis Surabaya Gubeng-Bandung – Gambir (PP)
2 Turangga Bandung – Surabaya Gubeng (PP) Turangga Gambir – Bandung – Surabaya Gubeng (PP)
3 Mutiara Selatan Bandung-Surabaya Gubeng-Malang (PP) Mutiara Selatan Gambir – Bandung-Surabaya Gubeng-Malang (PP)
4 Malabar Bandung – Malang (PP) Malabar Pasar Senen – Bandung – Malang (PP)

4 kereta yang mengalami perubahan relasi antara lain adalah Argo wilis, Turangga, Mutiara Selatan, Malabar yang dilakukan penambahan hingga ke Daop 1 Jakata seperti pada tabel di atas.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed