by

KA Bandara Adi Soemarmo Solo Beroperasi Desember

HeadLine.co.id, (Solo) – Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo direncanakan akan beroperasi sebelum tahun baru 2020. Saat ini tahap pembangunan jalur kereta bandara dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Bandara Adi Soemarmo telah selesai 94%.

Hal ini seperti disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama dengan Zulfikri Direktorat Jenderal Perkeretaapian, dan dari PT KAI (Persero) turut mendampingi Direktur Operasi Awan Hermawan Purwadinata, Direktur Pengelolaan Sarana Azhari serta Kepala Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Purwanto saat melakukan kunjungan ke Stasiun dan Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah. Minggu (03/11).

“Saya tadi sudah melakukan pengecekan konstruksi-konstruksi yang ada dan relatif sudah tidak ada masalah lagi, kita akan selesaikan di pertengahan Desember 2019 dan dioperasikan pada saat sebelum tahun baru,” ungkapnya.

Dengan segera aktifnya kereta api bandara, maka warga dari Klaten, Madiun, Sragen maupun dari arah utara yang akan berpergian ke Bandara Adi Soemarmo dapat memakai fasilitas pelayanan negara berupa moda transportasi terintegrasi tersebut.

Kadaop 6 Yogyakarta Eko Purwanto mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan Stasiun Bandara Internasional Adi Soemarmo. (Foto: Pras)

Bagi yang ingin menaiki bus dari Wonogiri dan sebagainya, bisa turun di Terminal Tirtonadi dan bisa langsung naik kereta api bandara di Stasiun Solo Balapan lewat Skybridge.

“Kereta bandara ini, nantinya jarak tempuh dari Kota Solo (Stasiun Solo Balapan) ke Bandara Adi Soemarmo hanya sekitar 15 menit,” jelasnya

Sementara itu, untuk tarif Kereta Bandara Adi Soemarmo, ia memastikan tidak akan menetapkan tarif yang menyusahkan masyarakat.

“Tarif kita lagi akan pelajari. Sementara ini Rp10 ribu sampai Rp15 ribu tapi nanti kita lihat seperti apa yang kita lakukan. Tentunya kita tidak akan memberikan layanan atau tarif yang menyusahkan masyarakat,” tutur dia.

Budi Karya menilai, kehadiran kereta api bandara di Solo merupakan perwujudan cita-cita pemerintah yang mendambakan adanya konektivitas antarmoda angkutan massal.

Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo memiliki jalur sepanjang 12,997 kilometer dengan waktu tempuh lebih kurang 15 menit. Ada 60 perjalanan kereta yang melayani dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Bandara Adisumarmo maupun sebaliknya dalam sehari, dilayani dengan dua set kereta api.

Adapun jarak antar kereta sekitar 37 menit. Maka, kedepannya ia berharap ke depan headway ini dapat dipersingkat menjadi 24 menit. Hal ini dilakukan untuk lebih menarik minat masyarakat beralih ke kereta api untuk menuju bandara serta mengurangi beban jalan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed