Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerahHukum

BP3MI Siap Fasilitasi Pemulangan Jenazah Pendekar PSHT Korban Tawuran di Taiwan

2605
×

BP3MI Siap Fasilitasi Pemulangan Jenazah Pendekar PSHT Korban Tawuran di Taiwan

Sebarkan artikel ini
Kepala BP3MI Jawa Timur, Titis Wulandari menyerahkan santunan kepada perwakilan keluarga PMI korban tawuran pesilat
Kepala BP3MI Jawa Timur, Titis Wulandari (tengah) menyerahkan santunan kepada perwakilan keluarga PMI korban tawuran pesilat, di rumah duka di Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo, Trenggalek, Rabu (7/9/2023). ANTARA - HO/Dokumentasi pribadi

BP3MI Siap Fasilitasi Pemulangan Jenazah Pendekar PSHT Korban Tawuran di Taiwan ~ Headline.co.id (Trenggalek, Jawa Timur). Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) di Jawa Timur menyatakan kesiapannya untuk membantu memfasilitasi pemulangan jenazah pekerja migran Indonesia (PMI) asal Watulimo, Trenggalek, yang menjadi korban meninggal dalam insiden tawuran antarkelompok pesilat di Taiwan pada Sabtu, 2 September 2023.

Baca juga: Mengenal Harry Kane, Striker Pencetak Gol Legendaris Tanpa Gelar Juara

“Kami tentu akan memfasilitasi kepulangan jenazah baik dari Bandara Soekarno-Hatta ke Juanda hingga ke rumah duka. Kami juga berkoordinasi dengan Disperinaker Trenggalek dan pihak kepolisian,” kata Kepala BP3MI Jawa Timur, Titis Wulandari, di rumah duka di Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo, Trenggalek, seperti dikutip dari Antara pada Jumat, 8 September 2023.

Namun, Titis tidak dapat memastikan kapan pemulangan jenazah dapat dilakukan, mengingat insiden tersebut masih dalam penanganan kepolisian di Taiwan. Dilaporkan bahwa sebanyak 15 PMI telah ditetapkan sebagai tersangka dalam insiden tersebut, dari total 29 orang yang ditangkap. Kelima belas tersangka tersebut saat ini telah dipindahkan ke Kantor Kejaksaan Distrik Changhua untuk diselidiki atas tuduhan pembunuhan, penyerangan, dan berpartisipasi dalam perkelahian yang mematikan.

Baca juga: Dosen UII Pimpin Kegiatan Pemberdayaan Peternak Sapi Perah di Sleman

“Masih proses pendalaman dan pemeriksaan, kita tidak tahu berapa lama. Kami terus berkoordinasi,” ujarnya.

Selain membantu dengan pemulangan jenazah, BP3MI juga berjanji memberikan bantuan hukum kepada PMI yang terlibat dalam insiden tersebut. Namun, untuk pendampingan hukum PMI yang terlibat dalam insiden di luar stasiun kereta api di Kota Changhua, BP3MI akan mengkoordinasikan sepenuhnya dengan pemerintah, khususnya Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei. Hal ini juga mencakup langkah-langkah untuk mengantisipasi terjadinya insiden serupa di masa depan, mengingat peristiwa bentrok antar PMI bukan yang pertama kali terjadi.

“Terkait bantuan hukum, kami akan menyerahkan hal ini kepada pemerintah. Kami juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Ketenagakerjaan terkait kegiatan tenaga kerja PMI di sana,” tambahnya.

Baca juga: Sinopsis Film Horor The Nun 2: Pertarungan Suster Irene Melawan Valak di Gereja Prancis

Dalam konfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek, Heri Yulianto, menyatakan bahwa hingga saat ini mereka belum menerima informasi resmi mengenai penyebab kematian Jaenal Fanani di Taiwan. Meskipun begitu, mereka telah memulai proses pendataan mengenai kepulangan jenazah tersebut, terutama yang berkaitan dengan surat kuasa.

“Informasi yang kami terima masih bersifat informal, dan kami belum dapat memastikan kapan kepulangan jenazah akan terjadi. Kami juga mendapatkan pesan dari KDEI untuk menahan penyebaran informasi palsu yang dapat menimbulkan keresahan,” kata Heri Yulianto.

Baca juga: Manjakan Nasabahnya, BRI Cabang Purworejo Mendapat Apresiasi dari Nasabahnya

Pemerintah Indonesia dan BP3MI berkomitmen untuk memberikan bantuan maksimal kepada keluarga korban dan PMI yang terlibat dalam insiden tersebut selama proses pemulangan jenazah dan penanganan hukum berjalan.

Terimakasih telah membaca BP3MI Siap Fasilitasi Pemulangan Jenazah Pendekar PSHT Korban Tawuran di Taiwan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Bikin Heboh, Evakuasi Mayat Tanpa Identitas di Bawah Jembatan Surowangsan Gunakan Alat Berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *