Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerah

Petugas Pantai Parangtritis Berhasil Selamatkan 2 Wisatawan Asal Sleman yang Terseret Ombak

43161
×

Petugas Pantai Parangtritis Berhasil Selamatkan 2 Wisatawan Asal Sleman yang Terseret Ombak

Sebarkan artikel ini
Petugas memasang rambu peringatan bahaya di kawasan Pantai Parangtritis untuk mencegah adanya laka laut
Petugas memasang rambu peringatan bahaya di kawasan Pantai Parangtritis untuk mencegah adanya laka laut, Senin (24/4/2023) - Harian Jogja/Yosef Leon Pinsker

Petugas Pantai Parangtritis Berhasil Selamatkan 2 Wisatawan Asal Sleman yang Terseret Ombak ~ Headline.co.id (Bantul, Yogyakarta). Pantai Parangtritis, Bantul, menjadi saksi dari peristiwa dramatis pada Minggu (3/9/2023) sore, ketika dua orang wisatawan hampir menjadi korban ombak ganas. Beruntung, keberanian petugas yang sedang berpatroli berhasil menyelamatkan mereka dari bahaya tenggelam.

Baca juga: WOW! Hasil Survei Jogja Miliki Tarif Open BO Termahal di Indonesia, ini Tarifnya

Keduanya, yang bernama AA (20 tahun) dan BSW (15 tahun), merupakan warga Kapanewon Triharjo, Kabupaten Sleman. Mereka tengah menikmati liburan di Pantai Parangtritis bersama rombongan lainnya.

Menurut Koordinator SAR Satlinmas Wilayah Operasi III Parangtritis, Arif Nugraha, dua wisatawan tersebut terlalu larut dalam kesenangan bermain air di tepi pantai. Mereka secara tidak sadar terseret oleh arus menuju palung, yang berada di tengah laut.

Baca juga: Kenapa Kamera Laptop Tidak Berfungsi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

“Keduanya terlalu asyik bermain air di tepi pantai, hingga mereka tak menyadari bahwa arus air telah membawa mereka menuju palung di tengah laut,” jelas Arif pada Senin (4/9/2023).

Arif mengungkapkan bahwa bagian palung di Pantai Parangtritis memang sangat berbahaya. Wisatawan yang terseret oleh arus seringkali tidak menyadari betapa dalamnya area palung tersebut, terutama jika mereka tidak mengenakan pelampung.

“Walaupun ombak pada saat itu tidak terlalu tinggi, tapi di dekat palung, berenang menjadi sulit, sehingga mereka terbawa arus menuju tengah laut,” tambahnya.

Baca juga: Mulai 5 September TPST Piyungan Buka Kapasitas 180 Ton Sampah

Untungnya, petugas yang melihat situasi tersebut langsung merespons dengan cepat. Mereka berteriak meminta pertolongan dan segera berenang menuju kedua wisatawan yang terancam bahaya. Personel SAR Satlinmas Wilayah III Parangtritis dan anggota Ditpolair Polda DIY dengan penuh keberanian menyelamatkan korban.

Berhasilkah mereka? Tentu saja. Korban berhasil diselamatkan dan dibawa ke posko setempat untuk mendapatkan perawatan medis yang dibutuhkan. “Kondisi korban tidak terlalu parah berkat respons cepat petugas yang segera menyelamatkan mereka. Mereka mendapatkan pertolongan yang cukup, sehingga tidak perlu dirujuk ke rumah sakit,” ungkap Arif.

Baca juga: Text Bacaan Sholawat Munfarijah Arab Latin dan Artinya Lengkap Khasiat Keutamaan

Dalam rangka menjaga keselamatan para pengunjung di Pantai Parangtritis, pihak berwenang mengimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati saat bermain air. Penting untuk mematuhi tanda-tanda bahaya dan rambu-rambu yang telah terpasang di area pantai tersebut.

Arif menekankan, “Selalu ikuti dan patuhi imbauan serta larangan yang telah diberikan. Keselamatan harus selalu menjadi prioritas utama ketika berwisata.”

Baca juga: Rumah Dinas Ganjar Pranowo Digeruduk Penyapu Jalan, Petani, hingga Seniman, Ada Apa?

Peristiwa penyelamatan ini mengingatkan kita semua akan pentingnya berhati-hati saat bermain air di pantai. Pantai yang indah dan menarik juga bisa menjadi tempat yang berbahaya jika tidak mematuhi aturan keselamatan. Semoga kisah penyelamatan ini menjadi pelajaran bagi semua pengunjung Pantai Parangtritis dan pantai-pantai lainnya di seluruh dunia.

Terimakasih telah membaca Petugas Pantai Parangtritis Berhasil Selamatkan 2 Wisatawan Asal Sleman yang Terseret Ombak jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Cara Menerjemahkan Artikel Inggris Indonesia dengan Menggunakan Aplikasi Kamera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Polisi Berhasil tangkap pelaku pembunuhan wanita di Parangtritis
Hukum

Headline.co.id, Bantul ~ Sebuah peristiwa perampokan disertai kekerasan yang mengakibatkan kematian seorang perempuan berusia 54 tahun, TY, terjadi di sebuah kos di Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul. Polisi berhasil mengungkap kasus…