Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
KesehatanPemerintah

Respon Cepat Antraks, Ganjar Instruksikan Cek Hewan Ternah dan Penyuntikan Vaksin Antraks

3
×

Respon Cepat Antraks, Ganjar Instruksikan Cek Hewan Ternah dan Penyuntikan Vaksin Antraks

Sebarkan artikel ini
Antisipasi Penyebaran Antraks
Antisipasi Penyebaran Antraks

Respon Cepat Antraks, Ganjar Instruksikan Cek Hewan Ternah dan Penyuntikan Vaksin Antraks ~ Headline.co.id (Sukoharjo). Wabah antraks yang baru-baru ini muncul di Yogyakarta langsung direspon cepat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ia menginstruksikan dokter hewan dan penyuluh agar mengecek hewan ternak dan melakukan upaya pencegahan dengan penyuntikan vaksin antraks.

Baca juga: 7 Adab Dan Etika Di Jalan Raya Menurut Islam

“Ini persis di perbatasan antara Jawa Tengah dengan Yogyakarta. Desa Karanganyar di Sukoharjo ini mepet (berbatasan) dengan Desa Semin di Gunung Kidul. Jadi tentu kami berjaga-jaga. Kemarin musibahnya terjadi di sana (Yogyakarta) dan kami alert, cepat-cepat, sehingga kawan-kawan yang punya sapi kita mintakan untuk dicek,” kata Ganjar, saat melihat vaksinasi Antraks terhadap ternak di Desa Karanganyar, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (11/7/2023).

Selain melihat penyuntikan vaksin kepada ternak sapi, Ganjar juga sempat berdialog dengan warga Desa Karanganyar, khususnya yang memiliki ternak sapi. Ganjar mengaku senang, karena dalam dialog itu ia bertemu dengan seorang ibu-ibu pemilik ternak sapi yang paham betul soal penyakit pada ternaknya.

Baca juga: Bupati Sragen Dorong Masyarakat Cegah Penyakit dengan Pola Hidup CERDIK

“Saya senang sekali tadi ada pemilik sapi ternyata ibu-ibu yang sudah sepuh itu paham betul kondisi sapinya. Ia mengerti bahwa sapinya kena PMK, ia mengerti ciri-ciri sapi, kalau terkena penyakit antraks maka segera dilaporkan,” katanya.

Keaktifan masyarakat itu, menurut Ganjar sangat penting. Apa yang dilakukan oleh pemilik sapi di Desa Karanganyar, menjadi contoh langkah antisipasi yang baik. Ketika pemilik sapi mengetahui ternaknya terindikasi sakit, agar segera melapor dan meminta diperiksa.

Baca juga: Kunjungi Pasar Tanjungsari Sumedang, Presiden Jokowi: Harga Stabil, Suplai Mencukupi

“Lapor itu ada dokter hewan cukup banyak, dari pemerintah cukup banyak, juga pemerintah desa. Kalau itu bisa dilakukan, maka kita akan cepat menangani. Semua diserbu oleh tim dari para dokter hewan, para penyuluh untuk kemudian mereka datang dan divaksin,” jelas Ganjar.

Ganjar menjelaskan sejauh ini belum ada laporan terkait penyakit antraks pada hewan di Jawa Tengah. Meskipun demikian, pencegahan sejak dini sudah dilakukan dengan memberikan vaksin kepada hewan ternak.

Baca juga: Ganjar Pranowo Apresiasi Pola Penurunan Stunting di Desa Mranggen Sukoharjo

Alhamdulillah sampai hari ini di Jawa Tengah belum ada laporan, kami cegah sedini mungkin. Kita mengingatkan karena antraks ini bisa menular kepada manusia, maka manusia pun hati-hati. Gaya hidupnya pun juga harus dirawat. Maka sekarang akan kita serbu agar bisa menyeluruh ke ternak kita,” kata gubernur dua periode itu.

Selain itu, Ganjar juga mengingatkan warga akan bahaya menyembelih hewan yang sudah mati lalu mengonsumsinya.

Baca juga: RUU Kesehatan, Jokowi Berharap Dapat Perbaiki Pelayanan Kesehatan di Tanah Air

“Kita minta tim penyuluh untuk menyampaikan bahaya seperti itu. Kita juga tidak tahu ya daging-daging yang ada itu pada saat disembelih itu seperti apa,” kata Ganjar.

Terimakasih telah membaca Respon Cepat Antraks, Ganjar Instruksikan Cek Hewan Ternah dan Penyuntikan Vaksin Antraks semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Sambangi Pasar Cihapit Bandung, Jokowi Tanya Resep Warung Nasi Legendaris Bu Eha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *