Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
AplikasiTeknologi

Kegunaan Implementasi Odoo ERP untuk Proses Bisnis

2715
×

Kegunaan Implementasi Odoo ERP untuk Proses Bisnis

Sebarkan artikel ini
Apa kelebihan Odoo dibandingkan dengan ERP yang lainnya
Odoo ERP

Kegunaan Implementasi Odoo ERP untuk Proses Bisnis ~ Headline.co.id (Aplikasi). Odoo adalah sekumpulan perangkat lunak yang membantu perusahaan dalam mengelola proses bisnis. Hingga kini, Odoo memiliki lebih dari 30 software terintegrasi yang digunakan untuk manajemen bisnis, diantaranya yaitu software akuntansi, manufaktur, manajemen proyek, CRM, eCommerce, hingga inventaris.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Z Fold 4 Terbaru

Saat ini telah banyak perusahaan yang menggunakan Odoo ERP sebagai software bisnisnya. Penggunaan Odoo ERP dapat diakses melalui dua edisi yaitu Odoo edisi open source (Odoo enterprise) yang dapat digunakan dengan cara berlangganan dan Odoo Community yang merupakan edisi gratis. 

Lebih lanjut, Odoo memiliki modul lengkap untuk setiap kebutuhan perusahaan dan memiliki proses instalasi yang mudah dengan harga yang terjangkau.     

Baca juga: Lupa No Ponsel Sendiri? Ini 3 Cara Mudah Cek Nomor Hp Telkomsel Mu

Benefit utama penggunaan Odoo ERP

odoo apps Login Indonesia
odoo apps

Dalam implementasinya, Odoo ERP memiliki beberapa manfaat untuk proses bisnis perusahaan, berikut penjelasannya:

Peningkatan efisiensi proses bisnis

Odoo adalah penyedia ERP yang menyediakan integrasi secara penuh pada setiap proses bisnis. Adanya integrasi data tersebut memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas dalam proses bisnisnya. Selain itu, penerapan Odoo dapat mengurangi waktu yang digunakan oleh masing-masing departemen pada proses operasional. Proses monitor juga berjalan dengan otomatis sehingga lebih efisien dan cepat.   

Baca juga: Mengenal Accurate Online Software Akuntansi dengan Segudang Fitur Cangih

Mudah digunakan, disesuaikan, dan diintegrasikan

Struktur yang modular pada Odoo memungkinkan perusahaan untuk menerapkan Odoo secara bertahap. Misalnya, pertama modul akuntansi dan kemudian disusul dengan implementasi modul inventaris. Hal ini membantu perusahaan untuk mengetahui berapa banyak waktu yang dibutuhkan dalam implementasi satu modul sehingga dapat diperkirakan untuk modul selanjutnya. 

Selain itu, Odoo juga dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan mudah diintegrasikan dengan software yang Anda gunakan sebelumnya. Misalnya, sebelumnya Anda menggunakan Shopify dan ingin beralih menggunakan Odoo, maka proses integrasi dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Baca juga: Panasonic Lumix S5 II Resmi Dirilis, Ini Harga dan Review Kelebihan Fitur Terbarunya

Harga dapat menyesuaikan budget

Odoo menyediakan berbagai pilihan harga untuk penggunanya sehingga dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Jika Anda ingin mengetahui Odoo secara basic, Anda dapat menggunakan versi Odoo Community yang gratis. Sementara itu, jika Anda merupakan perusahaan besar dan ingin secara luas mengimplementasikan Odoo, maka dapat menggunakan versi Odoo Enterprise yang berbayar. Adapun biaya untuk berlangganan Odoo berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Aman

Hal lain yang menjadikan Odoo lebih unggul dari software sejenis yaitu keamanan yang ditawarkan lebih tinggi. Hal ini karena Odoo menggunakan sistem open source yang membantu pengembang untuk menemukan permasalahan dan memperbaikinya sebelum diimplementasikan. 

Komunitas yang aktif

Salah satu keuntungan terbesar dari Odoo ERP yaitu telah dikenal oleh banyak perusahaan sehingga memiliki komunitas yang besar. Komunitas tersebut saling membantu untuk membuat produk menjadi lebih baik. Para pengembang selalu mengidentifikasi dan menganalisis bug pada sistem untuk diperbaiki sehingga meminimalisir masalah keamanan dan hal yang tidak diinginkan. 

Baca juga: Review Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G: Smartphone Terbaru dengan Harga Terjangkau

Bagaimana cara mengimplementasikan Odoo?

Implementasi ERP membutuhkan orang dengan keahlian dan keterampilan khusus sehingga dapat mengidentifikasi permasalahan yang kompleks, proses bisnis, dan cara kerja perusahaan. Pihak yang mengimplementasikan juga harus memahami semua hal berkaitan dengan Odoo ERP sehingga implementasi dapat berjalan dengan lancar. 

Terdapat 3 cara yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan Odoo ERP, yaitu:

  1. Implementasi mandiri

Pengimplementasian Odoo dapat dilakukan oleh perusahaan secara mandiri. Dengan cara ini, Anda dapat memperoleh dukungan fungsional dan perbaikan pada bug. Pada dasarnya, Odoo juga memberikan video panduan untuk implementasi sistem Odoo untuk mempermudah proses implementasi. Selain itu, Anda juga dapat mencoba demo gratis selama 15 hari untuk mempelajari dan mencoba software Odoo dengan cara tur video di odoo.com. 

Baca juga: Review Oppo A78 5G Harga dan Spesifikasi Terbaru di Indonesia

  1. Paket Odoo success

Cara implementasi kedua yaitu Anda dapat membeli paket sukses Odoo yang menawarkan layanan premium berupa konsultasi mengenai Odoo. Pada paket ini terdapat empat jenis paket berlangganan mulai dari Basic, Standard, Custom, dan Pro. Adapun harga yang ditawarkan mulai dari $977.5 USD. 

Baca juga: Samsung Galaxy M14 5G: Review Spesifikasi, Harga dan Fitur Terbarunya

  1. Mitra resmi Odoo

Implementasi Odoo selanjutnya juga dapat dilakukan melalui partner Odoo yaitu Odoo Indonesia. Keuntungan dari implementasi melalui partner Odoo yaitu mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang baik mengenai Odoo, memiliki tim ahli Odoo, dan memiliki konsultan Odoo. Selain itu, partner juga telah memiliki pengalaman untuk menangani permasalahan pada industri di Indonesia sehingga lebih bisa diandalkan. 

Kesimpulan

Penggunaan Odoo adalah pilihan tepat bagi Anda untuk mengefisienkan proses bisnis perusahaan. Kemudahan implementasi, integrasi data yang baik, hingga harga yang dapat disesuaikan menjadi kelebihan dari Odoo jika dibandingkan dengan penyedia ERP lainnya. 

Baca juga: Review Fujifilm X-Pro 3: Spesifikasi dan Harga Kamera Terbaru

Selain implementasi mandiri, Odoo juga menyediakan cara implementasi lain berupa paket Odoo Success dan mitra resmi Odoo yang berpengalaman dalam proses implementasi Odoo di Indonesia. 

Terimakasih telah membaca Kegunaan Implementasi Odoo ERP untuk Proses Bisnis semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Acer Luncurkan Desktop Predator dan Monitor Nitro Terbaru Untuk Para Gamer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *