Berapa Biaya Naik Haji Plus? Intip Biaya dan Prosedur Pendaftarannya

Gravatar Image
Ilustrasi Haji
Ilustrasi Haji. (Istimewa)

Berapa Biaya Naik Haji Plus? Intip Biaya dan Prosedur Pendaftarannya ~ Headline.co.id (Jakarta). Kabar gembira menyelimuti seluruh umat muslim di dunia. Pasalnya setelah sebelumnya dilakukan pembatasan akibat covid-19. Kini pemerintah Arab Saudi telah membuka jamaah haji tahun ini.

Baca juga: Lirik Lagu Bintang Kehidupan Nike Ardilla dan Chord Gitar Mudah Dimainkan

Kabar gembira tersebut disampaikan oleh Kerajaan Arab Saudi bahwa penyelenggaraan haji 1443 H ini total jamaah mencapai 1 juta orang. Pengumuman tersebut diterbitkan melalui surat Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi.

Buat kamu yang baru mau mendaftar haji regular tentunya kamu harus menunggu lama untuk jadwal pemberangkatan haji pasalnya ahrus menunggu antrian, namun bagi kamu yang ingin berangkat haji cepat tanpa harus mengunggu lama kamu bisa mendaftar jamaah haji plus atau biasa disebut dengan ONH Plus. Untuk mendaftar kamu bisa konsultasi dan mendaftar melalui travel haji plus jakarta atau wilayah mana saja sesuai dengan lokasi anda.

Lalu berapa biaya haji plus jakarta ? dilansir headline dari riset yang dilakukan oleh tim lifepal biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal yakni kisaran US$11.000 sampai US$22.000 atau sekitar Rp155,8 juta hingga Rp311,7 juta.

Baca juga: Penentuan Awal Syawal 1443 H, Kemenag akan Gelar Rukyatul Hilal di 99 Titik

Harga tersebut sudah termasuk termasuk tiket PP, visa haji, biaya suntik meningitis, manasik haji, transportasi selama di tanah suci, penggunaan tour guide, air zamzam 5 liter, asuransi perjalanan, hingga biaya makan.

Bagi yang belum tau, perbedaanya antara haji reguler dan haji plus adalah penyelenggaranya. Pada haji reguler diselenggarakan oleh pemerintah sementara haji plus diselenggarakan pihak swasta seperti travel agent yang biasa disebut Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Baca juga: Gandeng PBNU dan Polri, Kemenag Gelar 1 Juta Vaksinasi Booster

Berikut ini adalah kelebihan haji plus dibandingkan haji reguler?

1. Jadwal keberangkatan lebih cepat
2. Lokasi penginapan ONH Plus biasanya jauh lebih dekat sedangkan Haji Reguler biasanya berlokasi 3-5 km dari Masjidil Haram
3. Fasilitas hotel ONH Plus lebih banyak
4. Kebutuhan akomodasi dan konsumsi jemaah Haji ONH Plus ditanggung pihak penyelenggara. Sementara konsumsi jemaah Haji Reguler menjadi tanggungan pribadi
5. Jemaah mendapatkan bimbingan haji yang lebih intensif dan ekslusif

Baca juga: Sediakan Kuota 20.000, Begini Cara Daftar dan Syarat Mudik Gratis Kemenhub 2022

Prosedur pendaftaran haji Plus

Persyaratan haji ONH Plus atau haji khusus:

1. Beragama Islam
2. Memiliki kemampuan finansial untuk membayar setoran BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yang ditetapkan Menteri
3. Surat keterangan sehat dari dokter
4. KTP yang masih berlaku
5. Kartu keluarga
6. Akte kelahiran atau kutipan akta nikah
7. Surat keterangan dari PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) atau biro perjalanan pilihan calon jemaah
8. Pas foto berwarna dengan latar putih tampak wajah minimal 80 persen.

Baca juga: Kemenag Segera Kembali Cairkan Dana BOS Madrasah, Begini Tahapannya

Tata cara pendaftaran haji ONH Plus kurang lebih sebagai berikut:

1. Calon jemaah memilih agen perjalanan yang telah mendapatkan izin dari Kemenag RI. Pastikan izin tersebut masih berlaku yah.
2. Calon jemaah haji menyetor tabungan Haji Plus minimal sebesar US$5.000 atau sekitar Rp70 juta untuk mendapatkan nomor porsi ONH Plus. Biasanya pihak agen perjalanan yang akan mengambil nomor porsi ONH Plus.
3. Setelah mendapatkan nomor porsi ONH Plus, calon jemaah menyerahkan berkas persyaratan kepada agen perjalanan
4. Selanjutnya, kamu tinggal menunggu jadwal keberangkatan sekaligus mengikuti serangkaian manasik haji yang diselenggarakan pihak agen perjalanan.

Baca juga: travel haji plus jakartaIni Penjelasan Pengurus Pondok di Serpong Terkait Penangkapan Dhia Ul Haq Tersangka Pemukulan Ade Armando

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *