Gandeng PBNU dan Polri, Kemenag Gelar 1 Juta Vaksinasi Booster

Gravatar Image
Menag memantau gerakan 1 juta vaksinasi di Pasuruan
Menag memantau gerakan 1 juta vaksinasi di Pasuruan

Gandeng PBNU dan Polri, Kemenag Gelar 1 Juta Vaksinasi Booster ~ Headline.co.id (Jakarta). Kementerian Agama terus bergerak menyukseskan Gerakan Vaksinasi untuk Mudik Sehat 2022. Kali ini Kemenag berkerjasama denga Polri dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar “1 Juta Vaksinasi Booster”.

Baca juga: Kemenag Segera Kembali Cairkan Dana BOS Madrasah, Begini Tahapannya

Kegiatan ini akan dilakukan secara serentak selama empat hari, mulai 21 April 2022. Kegiatan vaksinasi rencananya berlangsung sejak pukul 10.00 WIB, bertempat di seluruh kantor PCNU, PWNU, Kemenag maupun di kantor kepolisian; juga di lembaga pendidikan maupun pesantren NU yang ditunjuk.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) saat ditemui di Jakarta menyampaikan, vaksinasi ini akan menyasar 1 juta masyarakat yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Adapun persyaratan yang ditetapkan antara lain:

1. Terbuka bagi peserta minimal sudah berusia 18 tahun.
2. Peserta diutamakan adalah kaum lansia dan telah mendapatkan dua kali vaksinasi Covid-19
3. Bagi yang belum pernah vaksin juga bisa ikut untuk mendapatkan vaksin dosis pertama dalam program ini.

Baca juga: Ini Penjelasan Pengurus Pondok di Serpong Terkait Penangkapan Dhia Ul Haq Tersangka Pemukulan Ade Armando

“Vaksinasi digelar siang hingga malam. Untuk vaksin yang siang, kita sudah sangat jelas hasil kajian lembaga bahtsul masail PBNU bahwa vaksinasi di siang hari tidak membatalkan puasa,” kata Gus Yahya, di Jakarta, Senin (18/4/2022)

Ia menambahkan, vaksinasi booster amat dibutuhkan,  mengingat sebentar lagi masyarakat akan memasuki masa lebaran. “Kita harus lebih sungguh-sungguh dalam menjaga agar momentum lebaran ini tidak menimbulkan ledakan kasus Covid-19. Makanya kita adakan ini (program vaksinasi booster).

Baca juga: Polisi Berhasil Ciduk Tersangka Pemukul Ade Armando di Ponpes Serpong

Gus Yahya menuturkan, berdasarkan data yang dikumpulkan hingga saat ini, jumlah peserta vaksinasi serentak yang akan digelar PBNU bersama Kemenag dan Polri ini telah mencapai 1.130.000. Jumlah ini kemungkinan akan bertambah karena di PCNU dan PWNU proses pendataan masih terus berlangsung.

Sebelumnya, pekan lalu Menag Yaqut Cholil Qoumas melakukan Kick Off Program Gerakan Vaksinasi untuk Mudik Sehat 2022. Program Mudik Sehat ini ditandai dengan gerakan 1 juta booster dan dimulai dari Pondok Pesantren Bayt Al Hikmah, Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: Tunjungan Plaza Surabaya Terbakar, Ini Kesaksian dari Pengunjung Mal

Data yang sudah masuk, hingga pekan lalu, di Jawa Timur giat vaksinasi booster yang digerakkan Kementerian Agama diikuti 1 juta orang. Sementara data di provinsi lainnya antara lain: Jawa Tengah (42.706), DI Yogyakarta (11.000), Jawa Barat (100.000), Banten (985.500), Lampung (3.693), dan Sulawesi Selatan (20.000).  Jadi data sementara jumlah totalnya sudah mencapai 2.162.899 orang .

Baca juga: Sediakan Kuota 20.000, Begini Cara Daftar dan Syarat Mudik Gratis Kemenhub 2022

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *