by

Inilah Tingkatan Valuasi Startup Yang Jarang Orang Tau Selain Unicorn

Headline.co.id, Jakarta. Sebagian orang hanya mengetahui tentang Unicorn saja, padahal selain kata tersebut masih banyak tingkatan valuasi dalam startup.

Memasuki pemilihan umum 2019 nama unicorn melecit sehingga menjadi perbincangan banyak orang, dan saat ini banyak sekali berbagai jenis startup yang hadir ditengah-tengah kita bahkan bukan hanya bisnis saja, namun juga menjadi alternatif untuk memudahkan urusan pengunaan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Baca juga : Jumlah Score Meningkat, PT KAI Raih Predikat Sangat Baik pada Assessment GCG 2018

Menurut Indonesia Digital Creative Industry Society, pada tahun 2018 indonesia memiliki jumlah startup yang berkembang mencapai 992 startup dan mencangkau berbagai sektor antara lain sektor transportasi, pendidikan, teknologi, hingga travelling.

Banyaknya demand atau permintaan konsumen terhadap jasa dari startup membuat perusahaan-perusahaan ini mendapatkan atensi dari pemodal atau investor agar dapat terus berkembang dan berinovasi.

pertumbuhan startup sangat erat kaitannya dengan pendanaan, maka tidak heran jika startup selalu identik dengan nilai atau valuasi. Beberapa istilah dari tingkatan valuasi startup seperti “unicorn” dan “decacorn” juga mulai familiar saat ini. Namun, sebenarnya apakah itu valuasi perusahaan rintisan?

“Valuasi merupakan nilai dari suatu perusahaan rintisan. Startup saat ini masih tergolong semi-enterprise, sehingga nilai valuasinya ditentukan berdasarkan persetujuan antara founder dengan investor yang kemudian membuat perhitungan nilai valuasi startup menjadi beragam, tergantung dari persetujuan tersebut,” kata Social Media Specialist Dailysocial.id, Prilita Kamalia, beberapa waktu lalu.

Baca juga : Presiden: Peluang E-Commerce di Indonesia Masih Sangat Besar

Nilai atau valuasi dari sebuah perusahaan dapat dihitung melalui beberapa cara, salah satunya yang paling mudah adalah denganmenunjukan profit bisnisnya.

Misalnya sudah berapa banyak fitur yang telah dibuat dan dikembangkan, bagaimana respons masyarakat sebagai pengguna, seperti apa pertumbuhan user-nya, dan sebagainya. Dengan pertumbuhan yang signifikan, perusahaan tersebut akan terus mendapatkan dukungan dari investor dan secara langsung juga menambah nilai perusahaannya.

Tingkatan valuasi startup

Tingkatan valuasi startup. (ANTARA News/Dea N. Zhafira)

Beberapa dari kita tingkatan valuasi dalam startup hanya “unicorn” dan “decacorn”. padahal saat ini terdapat enam sebutan dalam tingkatan valuasi perusahaan rintisan yakni cockroach, pony, centaurs, unicorn, decacorn, dan hectocorn.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed