Demo Rusuh di AS buat Rupiah Menguat Hari ini

  • Whatsapp
Ilustrasi kurs Indonesia Menguat hari ini
Ilustrasi kurs Indonesia Menguat hari ini. (iStock)

Headline.co.id (Jakarta) ~ Nilai tukar (Kers) rupian terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi bergerak menguat seiring demo rusuh yang terjadi di Amerika Serikat.

Pada pukul 9.35 WIB, rupiah menguat 145 poin atau 0,99 persen menjadi Rp14.465 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.610 per dolar AS.

baca juga: Tante Meninggal karena Covid-19, Maia Estianty Sampaikan Pesan untuk Masyarakat

“Hari ini rupiah mungkin bisa mendapatkan dorongan penguatan terhadap dolar AS karena kondisi demo rusuh di AS yang berpotensi mengganggu aktivitas ekonomi AS,” ujar Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Selasa (2/6).

Selain itu, lanjut Ariston, pasar juga masih merespons positif rencana pembukaan kembali sebagian aktivitas ekonomi di tengah pandemi yang masih berlangsung. Namun di sisi lain, potensi perang dagang AS dan China bisa menahan penguatan tersebut.

baca juga: Patut Bangga! Kerja Kolaborasi Tim Pakar Multipihak Hasilkan Baju APD Standar WHO Buatan Indonesia

Ada kabar dari sumber Reuters bahwa kemungkinan pemerintah China menunda pembelian barang pertanian dari AS.

Ariston memperkirakan rupiah hari ini berpotensi bergerak menguat di kisaran Rp14.500-Rp14.450 per dolar AS dan resisten Rp14.700 per dolar AS.

Pada Jumat (29/5) lalu, rupiah ditutup menguat 105 poin atau 0,71 persen menjadi Rp14.610 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.715 per dolar AS.

baca juga: Update Covid-19 Indonesia 1 Juni 2020, Ini 15 Provinsi Nihil Penambahan Kasus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *