Vaksin Virus Corona dari Protein Daun Tembakau Siap Diujikan Pada Manusia

  • Whatsapp
Ilustrasi: British American Tobacco. (hl.co.uk)
Ilustrasi: British American Tobacco. (hl.co.uk)

HeadLine.co.id (Jakarta) – British American Tobacco (BAT) mengatakan siap menguji vaksin virus Corona yang menggunakan protein daun tembakau kepada manusia.

Baca juga: Bertambah 8, Kini Total 108 Kasus OTG Reaktif Covid-19 di Gunung Kidul

Read More

Dikutip dari Reuters, pada Jumat (15/5/2020), pihak BAT akan segera mengujinya pada manusia untuk menghasilkan kekebalan tubuh. Perusahaan rokok nomor dua di dunia itu juga telah mendapat persetujuan vaksin tersebut dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

Baca juga: Jokowi Sampaikan Pemerintah Ingin Masyarakat Produktif dan Aman dari Covid-19

Sebelumnya, pada bukan April lalu perusahaan ini sempat mengejutkan dunia dengan membuat vaksin dari daun tembakau. Mereka mengklaim bisa menghasilkan 1-3 juta dosis setiap minggu, jika sudah mendapat dukungan dari lembaga pemerintah serta produsen yang tepat.

Baca juga: Ada Tambahan 14 Kasus, Kini Pasien Positif Corona di Kediri Sebanyak 49 Orang

Uji klinis diharapkan dapat dimulai pada bulan Juni mendatang. Perusahaan tersebut juga akan menyediakan peralatan tambahan untuk meningkatkan kapasitas penelitian.

Baca juga: Gugas Tugas Covid-19 Terbitkan Protokol Kesehatan Kedatangan WNI dan WNA

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak para peneliti, ilmuwan, dan media untuk berhati-hati dalam menyebarkan klaim bahwa tembakau atau nikotin bisa mengurangi risiko COVID-19. Sampai saat ini, tidak ada informasi yang cukup mengenai kaitan antara tembakau atau nikotin dalam pencegahan serta pengobatan virus Corona.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *