Berita, Kesehatan, Nasional, Pemerintah,

Satu Keluarga Asal Jakarta Positif Corona

Ilustrasi, satu keluarga asal Jakarta yang tinggal di Cianjur Positif Corona. (Foto: Chinatopix)
Ilustrasi, satu keluarga asal Jakarta yang tinggal di Cianjur Positif Corona. (Foto: Chinatopix)

HeadLine.co.id (Cianjur) – Satu keluarga di Kecamatan Karangtengah Cianjur terindikasi positif COVID-19 berdasarkan hasil rapid test. Keluarga tersebut berasal dari Jakarta dan terdiri dari ibu serta dua orang anak.

Hal tersebut dibenarkan oleh Yusman Faisal selaku Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Kabupaten Cianjur.

Baca juga: Wakil Jaksa Agung Arminsyah Tewas Dalam Kecelakaan Tunggal di Tol Jagorawi

“Keluarga tersebut datang ke Cianjur sepekan lalu, setelah kepala keluarganya meninggal lantaran mengidap penyakit kronis,” ucapnya pada Sabtu (4/4).

Beberapa hari berada di Cianjur tepatnya di salah satu kompleks perumahan di Kecamatan Karangtengah, sang ibu mulai menunjukkan gejala batuk.

Baca juga: Update Terbaru Corona di Indonesia, 4 April 2020: Tembus di Angka 2.092 Kasus Positif

“Ternyata selama sepekan, batuknya tidak kunjung sembuh. Warga yang mengetahui adanya pendatang dari luar kota yang sakit selama beberapa hari langsung melapor ke RT dan RW, kemudian juga melapor ke puskesmas,” tambahnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata ibu tersebut positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test. Dari hasil itu, enam anggota keluarga lainnya, di mana tiga di antaranya merupakan anaknya turut menjalani rapid test.

Baca juga: Operasi Aman Nusa II Progo 2020, Polda DIY Bubarkan 1.428 Kegiatan Kumpul-kumpul Masyarakat yang Tidak Jelas

“Hasilnya dari total tujuh orang yang diperiksa termasuk dari ibunya itu, tiga di antaranya positif berdasarkan hasil rapid test,” paparnya.

Tiga orang yang terdiri dari ibu dan dua orang anak tersebut langsung dibawa ke RSUD Sayang untuk menjalani isolasi dan penanganan medis.

Baca juga: Kak Seto Dorong Orang Tua Terapkan GEMBIRA Hadapi Covid-19

Yusman menjelaskan meski dari rapid test positif, belum bisa dipastikan ketiganya positif COVID-19, sebab harus menjalani tes lanjutan berupa Reverse transcription polymerase chain reaction (RT PCR).

“Iya harus dipastikan melalui PCR. Sample dahak dan darah sudah diambil dan dikirim untuk diuji lebih lanjut. Kemungkinan hasilnya baru akan diketahui selama dua pekan ke depan,” jelasnya.

Comments
To Top