Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaKesehatanNasionalPemerintah

Jokowi Pesan Obat Avigan dan Chloroquine untuk Menyembuhkan Pasien Corona, Penjesannya Disini!

196
×

Jokowi Pesan Obat Avigan dan Chloroquine untuk Menyembuhkan Pasien Corona, Penjesannya Disini!

Sebarkan artikel ini
Avigan atau favipiravir diduga kuat dapat menyembuhkan pasien Corona.
Avigan atau favipiravir diduga kuat dapat menyembuhkan pasien Corona.

HeadLine.co.id, (Nasional) – Pemerintah Indonesia telah memesan obat Avigan dan Chloroquine yang dipercaya dapat menyembuhkan pasien virus Corona (Covid-19). Hal ini disampaikan Presiden Jokowi lewat
konferensi pers di Istana Negara Jumat (20/3). Ia mengatakan pemerintah telah memesan 2 juta butir Avigan dan 3 juta butir Chloroquine.

Menurutnya,Kedua obat tersebut sudah dilakukan uji coba oleh sejumlah negara untuk menangani pasien Covid-19 dengan berbagai keluhan dan hasilnya efektif. Lantas obat seperti apa Avigan dan Klorokuin ini?

Baca Juga: Kementerian BUMN Buka Lowongan untuk Relawan Pencegahan Covid-19, Buruan Daftar!

Avigan atau yang juga dikenal dengan favipiravir atau favilavir adalah obat antivirus yang dikembangkan oleh Toyama Chemical of Japan dengan aktivitas melawan banyak virus RNA.

Dikutip dari laman Telegraph, Jumat (20/3), Zang Xinmin, Direktur National Center for Biotechnology Development Tiongkok menjelaskan bahwa obat ini (Avigan) sudah lulus uji pada pasien Covid-19 di Wuhan dan Shenzhen.

Pasien yang positif Corona di wilayah Shenzhen yang telah meminum obat itu kondisinya terus membaik setelah mengonsumsi obat ini selama 4 hari. Tetapi, jika kita hitung rata-rata dengan pasien di Wuhan, masa penyembuhan setelah minum Avigan berjarak hingga 11 hari hingga pasien dinyatakan negatif Covid-19 alias sembuh.

Selain itu, Obat Avigan dapat menghambat enzim RNA-dependent RNA polymerase pada virus penyebab influenza.

Dari penelitian, Avigan mengandung senyawa aktif yang dapat menghambat semua serotipe dan strain virus influenza.

Sementara itu, pada uji coba foto sinar X, obat ini juga mampu meningkatkan kondisi paru-paru pasien hingga 91 persen setelah minum obat tersebut.

Baca Juga: Jokowi: Pemerintah Mulai Lakukan Tes Cepat dan Siapkan Jutaan Obat Covid-19

Menurut salah satu dokter di Prancis tentang Chloroquine, ia mengklaim bahwa pasien Covid-19 di negara itu sembuh setelah mengkonsumsi obat Chloroquine. Dalam data yang diteliti terhadap 36 pasien, 20 sudah diberikan obat. Setelah dikonsumsi 6 hari, 70 persen pasien yang diberi obat ini berhasil sembuh. Bahkan virus tak lagi terlihat dalam sampel darah.

Robin May, Profesor Penyakit Menular dari Universitas Birmingham, juga menjelaskan kalau cara kerja Chloroquine adalah dengan mengubah keasaman kompartemen sel tubuh yang terinfeksi virus, kemudian mengganggu kemampuan virus untuk berkembangbiak dan berpindah ke organ tubuh lain.

Selama lebih dari 10 tahun, obat Chloroquine sebenarnya sudah digunakan untuk mengobati pasien SARS pada 2002-2003.

Baca Juga: Perkuat Sistem Imun Dengan Konsumsi Vitamin D

“Obat ini berperan penting dalam mencegah pasien meninggal kala itu,” ungkapnya.

Menyadari bahwa hasil dari penelitian komponen genetik, virus SARS CoV tipe 2 ini adalah merupakan kerabat dekat virus Corona penyebab SARS, maka Chloroquine dianggap mampu mengatasi masalah penyakit serupa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *