Sejak 2018 Grab Hadirkan Tombol Darurat di Aplikasi, Berikut Penjelasannya

  • Whatsapp
Fitur Keselamatan di Aplikasi Grab dapat digunakan dalam keadaan darurar menurut pelanggan.
Fitur Keselamatan di Aplikasi Grab dapat digunakan dalam keadaan darurar menurut pelanggan. (Ilustrasi/Grab.com)

HeadLine.co.id, (Nasional) – Biarpun berujung damai, kasus salah paham penculikan seorang pelanggan yang dilakukan oleh supir Grab Car, akhir-akhir ini menjadi perhatian publik.

Berkat tombol darurat yang disediakan oleh pihak Grab yang ada di aplikasi tersebut, korban yang berinisial T bisa selamat, setelah mengklik emergency button.

Bacaan Lainnya

Pihak Grab telah menghadirkan fitur tombol darurat sejak Mei 2018. Kontak darurat bisa didaftarkan hingga tiga nomor keluarga terdekat.

Baca Juga: Kisah Karyawati yang Nyaris Diculik Saat Tumpangi Taksi Online

Public Relations Manager Grab Indonesia Andre Sebastian mengungkapkan tombol itu berfungsi untuk memastikan keamanan dan keselamatan penumpang dari tindak kejahatan oleh oknum mitra Grab.

Pada layar platform Grab ada sebuah fitur bernama “Pusat Keselamatan”. Lewat fitur ini, penumpang yang merasa tidak aman bisa dengan mudah mengaktifkan fitur “Bagikan Informasi Perjalanan” (Share My Ride) kepada orang terdekat.

Lalu, setelah menekan fitur tersebut maka lokasi dan status perjalanan yang sedang berlangsung, serta perkiraan waktu akan sampai hingga mitra pengemudinya akan terlihat.

“Dengan fitur ini, keluarga atau orang terdekat penumpang mendapat informasi dan dapat mengantisipasi jika, misalnya, pada waktu yang diperkirakan penumpang tersebut belum tiba di tujuan,” ungkap Andre.

Selain itu, Andre juga menambahkan jika Grab memiliki fitur keselamatan lainnya, yaitu “Laporkan Masalah Keselamatan” dan “Dapatkan Pertolongan Darurat”.

Baca Juga: Tangani Karhutla di Aceh, TNI gandeng Polisi proses hukum Pelaku Pembakaran

Penumpang dapat langsung terhubung untuk meminta bantuan dari tim respons Grab yang bertugas 24 jam sehari dan 7 hari sepekan, dengan memanfatkan dua fitur tersebut.

“Ketika penumpang mengaktifkan fitur ‘Dapatkan Pertolongan Darurat’, selain bantuan dari tim respon kami, peringatan SMS juga terkirim ke kontak darurat yang merupakan orang-orang terdekat penumpang,” tutur Andre.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *