by

Hermawan Pengancam Penggal Kepala Jokowi, Jalani Sidang Hari Ini

HeadLine.co.id, (Jakarta) – Hermawan Susanto Tersangka, yang mengancam akan memenggal kepala Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalani sidang tuntutan pada hari ini. Sidang perkara digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

“Iya sidang tuntutan (hari ini),” ujar pengacara Hermawan, Abdullah Alkatiri saat dikonfirmasi, Selasa (4/2/2020).

Baca Juga: Gelar FGD, Polda DIY Cari Solusi Kenakalan Remaja Klitih

Dalam kasus ini, Hermawan didakwa bersalah melanggar Pasal 104 KUHP atau Pasal 110 juncto 87 KUHP. Hermawan Susanto mengancam akan memenggal kepala Jokowi saat melakukan aksinya di depan gedung Bawaslu.

Hermawan dianggap telah melakukan tindakan makar. Jaksa meyakini bahwa Hermawan bersalah karena telah menyerukan pernyataan dengan nada mengancam.

Sedangkan itu, Abdullah pengacara Hermawan menganggap kliennya tidak bersalah melakukan makar seperti dalam dakwaan jaksa penuntut umum. Perbuatan makar disebutnya bukan ucapan, namun ada niat permulaan dan penyerangan.

Baca Juga: Presiden Dorong Pendekatan Vegetatif dalam Penanganan Bencana Saat Tinjau Longsor di Harkatjaya

“Pasal yang dikenakan tidak kena jadi tidak pas diterapkan makar. Karena makar berhubungan dengan niat dan perbuatan permulaan, bukan omongan orang. Ahli bahasa mengatakan omongan bukan makar dan ahli pidana juga begitu,” ujar Abdullah.

Usai sidang tuntutan, menurutnya nota pembelaan atau pleidoi tim kuasa hukum dan kliennya nantinya akan membuat majelis hakim memutuskan bebas. Karena fakta persidangan kliennya tidak bersalah.

“Kami yakin dengan pembelaan kami akan bebas. Karena pertimbangan hakim kalau tidak bebas apa, karena fakta persidangan seperti itu,” tutup dia.

Baca Juga: Presiden Gelar Ratas di Halim Terkait Evakuasi WNI dari Wuhan

Sebelumnya, Hermawan Susanto pada Jumat, 10 Mei 2019 di depan Bawaslu. Hermawan diduga mengancam Jokowi dengan kalimat ‘Dari Poso nih. Siap penggal kepala Jokowi. Jokowi siap lehernya kita penggal kepalanya. Demi Allah.” Hermawan Susanto ditangkap di Perumahan Metro, Parung, Kabupaten Bogor.

Comment

News Feed