Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
NasionalBeritaPemerintah

Pemerintah Umumkan 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024

152424
×

Pemerintah Umumkan 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024

Sebarkan artikel ini
menteri agama Yaqut Cholil Qoumas
menteri agama Yaqut Cholil Qoumas (Kemenag)

Headline.co.id, Jakarta, 10 Maret 2024 ~ Dalam sebuah pengumuman resmi yang disampaikan oleh Kementerian Agama (Kemenag), Menag Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan hasil sidang isbat yang menetapkan 1 Ramadan 1445 H jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024 Masehi.

Baca juga: Polresta Tangerang Berikan Siraman Rohani untuk Para Tahanan

Sidang isbat, sebuah proses penentuan awal Ramadan yang sangat dinanti, diadakan secara langsung di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada hari Minggu (10/3/2024). Pengumuman ini mengikuti serangkaian tahapan yang melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama serta dihadiri oleh para duta besar negara sahabat serta perwakilan ormas Islam.

“Sidang Isbat secara mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadan 1445 H jatuh hari Selasa, 12 Maret 2024 Masehi,” kata Menag Yaqut dalam pengumumannya.

Proses sidang isbat ini dipilah menjadi tiga tahap yang ketat. Tahap pertama adalah pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi) oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag. Proses ini dimulai pukul 17.00 WIB dan disiarkan langsung di channel YouTube Bimas Islam untuk umum.

Baca juga: Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur Ditetapkan sebagai Buronan: Kasus Pemilu

Tahap kedua adalah sidang isbat penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah yang dilakukan secara tertutup setelah salat Magrib. Selain data hisab, sidang juga merujuk pada hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag di 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Kemudian, tahap ketiga adalah konferensi pers yang menyampaikan hasil sidang Isbat penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah. Konferensi pers ini juga disiarkan melalui media sosial resmi Kemenag RI untuk memastikan transparansi dan keterbukaan informasi.

Baca juga: UAA Yogyakarta Memperkuat Kemitraan Internasional dengan IIUM Malaysia: Langkah Menuju Keunggulan Global

Penetapan awal Ramadan menjadi momen penting bagi umat Islam di Indonesia, sebagai penanda dimulainya bulan suci yang penuh berkah dan ibadah. Dengan penetapan ini, umat Islam dapat mempersiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadan dengan penuh kesadaran dan kebersamaan.

Hilal Ramadan Tidak Bisa Diamati di Indonesia, Menurut Tim Kemenag

Sebuah pengumuman mengejutkan datang dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama (Kemenag) Indonesia dalam seminar mereka yang berfokus pada perhitungan astronomi. Tim ini melaporkan bahwa posisi hilal awal Ramadan 1445 H di Indonesia masih sangat rendah, bahkan sulit diamati.

Baca juga: 7 Remaja Diamankan Polisi Saat Nongkrong Malam, Bawa Miras di Pleret

Anggota Tim Hisab dan Rukyat Kemenag, Cecep Nurwendaya, menyatakan bahwa hilal di Indonesia merupakan tantangan yang sangat besar untuk diamati. “Tetapi kalau kita amati memang di Indonesia teramat sangat sulit bahkan beberapa kriteria mengatakan tidak ada referensi apapun bahwa hilal serendah ini bisa diamati dapat terlihat,” ujarnya dengan nada prihatin.

Cecep juga mengungkapkan bahwa hasil kesepakatan MABIMS (Menteri Agama Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura) telah mengubah kriteria visibilitas hilal, dimana ketinggian hilal harus minimal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat. Namun, berdasarkan kriteria tersebut, hilal di Indonesia pada sore hari ini tidak memenuhi syarat untuk diamati.

Baca juga: Tim Khusus Polres Bantul Siap Bertugas 24 Jam Selama Ramadan

“Hilal tidak bisa diamati,” tegas Cecep.

Pernyataan ini tentu menarik perhatian publik, terutama umat Islam yang tengah menantikan awal bulan Ramadan. Sulitnya melihat hilal awal Ramadan menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana penetapan awal Ramadan akan berpengaruh pada praktik ibadah dan ritual di Indonesia. Semua mata kini tertuju pada otoritas agama untuk keputusan lanjutan mengenai awal Ramadan 1445 H di Indonesia.

Terimakasih telah membaca Pemerintah Umumkan 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024 semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: PBNU Tetapkan Awal Ramadan 1445 H Jatuh pada Selasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *