Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
ReligiBeritaNasional

PBNU Tetapkan Awal Ramadan 1445 H Jatuh pada Selasa

8975
×

PBNU Tetapkan Awal Ramadan 1445 H Jatuh pada Selasa

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya (KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)

Headline.co.id, Jakarta, 10 Maret 2024 ~ Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1445 H akan jatuh pada hari Selasa, tanggal 12 Maret 2024. Keputusan tersebut diambil setelah Lembaga Falakiyah PBNU tidak melihat hilal pada pemantauan Minggu ini.

Baca juga: Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur Ditetapkan sebagai Buronan: Kasus Pemilu

Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf, dalam sebuah konferensi pers pada hari Minggu (10/3/2024), menyatakan bahwa berdasarkan hasil pengamatan dari tim Lembaga Falakiyah PBNU, seharusnya hari Senin tanggal 11 Maret 2024 belum memasuki bulan Ramadan. Hasil observasi tersebut telah disampaikan secara langsung kepada sidang isbat Kementerian Agama RI.

“Maka kami kita harapkan keputusan isbat Ramadan menyatakan 1 Ramadan 1445 H, jatuh pada hari Selasa 12 Maret 2024,” kata Gus Yahya.

Di sisi lain, Kementerian Agama (Kemenag) RI juga menyampaikan bahwa perhitungan astronomi terkait posisi hilal awal Ramadan 1445 H di Indonesia masih belum terlihat. Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya, menyimpulkan bahwa awal puasa 2024 akan jatuh pada Selasa (12/3/2024), berdasarkan kriteria Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

Baca juga: UAA Yogyakarta Memperkuat Kemitraan Internasional dengan IIUM Malaysia: Langkah Menuju Keunggulan Global

Meskipun demikian, Cecep menekankan bahwa laporan yang dibacakan bersifat informatif dan konfirmasi resmi harus ditentukan melalui pengamatan langsung di beberapa titik di wilayah Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, Cecep juga menyatakan bahwa, meski hilal tidak dapat diamati dengan kriteria MABIMS, hilal jelang awal Ramadan 1445 H pada hari rukyat ini secara teoritis diprediksi tidak akan terukyat karena posisinya berada di bawah kriteria Imkan Rukyat.

Baca juga: 7 Remaja Diamankan Polisi Saat Nongkrong Malam, Bawa Miras di Pleret

Penetapan ini menjadi acuan bagi umat Islam di Indonesia dalam menentukan awal puasa Ramadan tahun ini, sambil menunggu hasil pengamatan langsung di lapangan. Semoga Ramadan tahun ini memberikan berkah dan keberkahan bagi umat Islam di seluruh Indonesia.

Terimakasih telah membaca PBNU Tetapkan Awal Ramadan 1445 H Jatuh pada Selasa semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Tim Khusus Polres Bantul Siap Bertugas 24 Jam Selama Ramadan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *