Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Pendidikan

Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta Raih Sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Perpustakaan dan Layanan Mahasiswa

9525
×

Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta Raih Sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Perpustakaan dan Layanan Mahasiswa

Sebarkan artikel ini
Prof H Hamam Hadi, Rektor UAA menerima sertifikat ISO 9001 2015 dari perwakilan PT URS Indonesia, Sulastri Yekti Utami Rivai
Prof H Hamam Hadi, Rektor UAA menerima sertifikat ISO 9001:2015 dari perwakilan PT URS Indonesia, Sulastri Yekti Utami Rivai.(foto : istimewa)

Headline.co.id, Yogyakarta, 3 Maret 2024 ~ Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta merayakan pencapaian gemilang setelah berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2015 untuk dua layanan utamanya: Perpustakaan Universitas dan Pusat Layanan Mahasiswa. Pada Selasa (27/2/2024), Rektor UAA, Prof Dr H Hamam Hadi, MS, ScD, SpGK, menerima secara resmi sertifikat tersebut dari PT United Registrar of Systems (URS) Services Indonesia di Yogyakarta.

Baca juga: Balapan F1 Powerboat Di Balige, Kabupaten Toba: Hari Pertama Berjalan Kondusif

Dalam keterangannya, Prof Hamam Hadi menyatakan bahwa pencapaian ini adalah bukti komitmen UAA untuk memberikan dan terus meningkatkan pelayanan terbaik kepada mahasiswa dan pihak terkait. “Alhamdulillah, UAA berhasil memenuhi standar pelayanan sesuai dengan ISO 9001:2015. Ini adalah hasil dari upaya yang berkelanjutan dalam menerapkan sistem manajemen mutu yang efektif dan efisien di seluruh unit UAA,” ujar Prof Hamam Hadi.

Prof Hamam Hadi menjelaskan bahwa persiapan untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 dimulai sejak bulan Oktober 2023 dengan pelaksanaan berbagai pelatihan tentang pemahaman ISO. Pelatihan ini melibatkan seluruh unit yang terlibat dalam layanan Perpustakaan dan Pusat Layanan Mahasiswa, dengan materi yang mencakup pemahaman mendalam terhadap konten ISO 9001:2015 dan persyaratan dokumentasi yang harus dipenuhi.

Baca juga: Polres Bantul Lakukan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Progo TA 2024

Setelah melalui proses pelatihan, seluruh unit bekerja keras untuk memperbaiki dan memenuhi persyaratan dokumen yang diperlukan. Langkah selanjutnya adalah Audit Internal yang dilaksanakan oleh Kantor Jaminan Mutu (KJM) UAA pada bulan November 2023. Dukungan penuh dari Rektor UAA memastikan bahwa seluruh unit siap menghadapi audit eksternal yang dilakukan oleh pihak URS.

Audit eksternal dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pada bulan Oktober 2023 dan tahap kedua pada bulan Desember 2023. Proses audit melibatkan dua orang auditor dari URS Indonesia, dengan Agung Nur Mustofa sebagai lead auditor. Audit bertujuan untuk memantau kesiapan dokumen dan penilaian implementasi seluruh dokumen serta bukti fisiknya.

Baca juga: Polda Sumut Berhasil Ciptakan Suasana Aman dalam Gelaran F1 Powerboat Danau Toba

Dengan berhasilnya melewati serangkaian audit ini, UAA memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015 dari URS Indonesia, menandakan bahwa UAA telah memenuhi standar internasional dalam penyelenggaraan layanan pendidikan. Prof Hamam Hadi menegaskan bahwa ini bukanlah akhir dari perjalanan UAA dalam meningkatkan mutu layanan, melainkan awal dari komitmen mereka untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada seluruh stakeholder.

“Keberhasilan ini menjadi motivasi bagi UAA untuk terus mengembangkan sistem manajemen mutu yang berkelanjutan guna memastikan bahwa standar pelayanan yang tinggi tetap terjaga dan ditingkatkan di masa depan,” kata Prof Hamam Hadi dengan tekad yang kuat.

Terimakasih telah membaca Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta Raih Sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Perpustakaan dan Layanan Mahasiswa semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Korlantas Polri Gelar Operasi Keselamatan 2024: 11 Pelanggaran Sasaran Penindakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *