by

KRL Akan Diperkuat 120 Unit Kereta Asal Jepang

Headline.co.id (Jakarta) ~ Anak perusahaan PT Kereta api Indonesa KCI menyampaikan sedang menunggu kiriman 120 unit kereta bekas lagi dari  JR East Jepang untuk meningkatkan sarana yang dapat menambah kapasitas daya angkut KRL.

Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti menyampaikan total kereta yang didatangkan mencapai 3336 unit. untuk pengirimannya sendiri akan dilakukan secara bertahap sesuai kontrak yang akan disepakati kedua pihak, yakni selama 4 tahun sejak tahun 2018.

baca juga : Dituduh akan Rubuhkan Masjid, KAI Siap Bangunkan Masjid yang Lebih Bagus di Lahan Eks Rumah Dinas Cihampelas

“Kami akan datangkan 336 unit kereta secara bertahap. Saat ini, masih ada 120 unit kereta yang belum datang,” kata Wiwik, Kamis (21/11/2019).

Ia juga menambahkan kereta yang didatangkan memiliki seri 204 dan 205. kedatangan kerera rersebut juga telah didukung dengan suku cadang oleh anak usaha dari JR East.

Wiwik menyebutkan untuk suku cadang juga ada yang berasal dari dalam negeri. namun kualitas sukucadang tersebut harus dipastikan dengan standar Jepang.

baca juga :  Mulai Desember 2019 Jadwal Kereta di Stasiun Tugu Yogyakarta Berubah, Ini jadwalnya

KCI mengoperasikan 1.060 unit kereta sesuai dengan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019 yang menjadi pedoman. Tahun depan, ditambah dengan operasional kereta baru, kapasitas angkut maksimal harian akan menjadi 1,5 juta orang.

Kapasitas tersebut, imbuhnya, sudah mempertimbangkan pola operasi dan kemampuan sarana yang dimiliki. Adapun, penambahan kapasitas juga bisa dilakukan dengan peningkatan frekuensi perjalanan dan menambah stamformasi (jumlah unit kereta dalam satu rangkaian) menjadi 12 (SF 12). “Cara tersebut bisa ditempuh sembari menunggu kiriman kereta dari Jepang,” ujarnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed