Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerah

Peningkatan Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi: BPPTKG Catat 30 Gempa Guguran

9877
×

Peningkatan Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi: BPPTKG Catat 30 Gempa Guguran

Sebarkan artikel ini
Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava pijar dengan jarak maksimum 1,8 kilometer pada Minggu malam
Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava pijar dengan jarak maksimum 1,8 kilometer pada Minggu (8/10) malam. (Antara Foto/Hendra Nurdiyansyah)

Peningkatan Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi: BPPTKG Catat 30 Gempa Guguran ~ Headline.co.id (Sleman, Yogyakarta). Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan adanya aktivitas guguran lava pijar yang mengkhawatirkan dari Gunung Merapi, yang terletak di Jawa Tengah dan DIY. Kejadian ini tercatat terjadi pada tanggal 8 Oktober 2023, antara pukul 18.00 hingga 00.00 WIB.

Baca juga: Menteri Keuangan Sri Mulyani Perketat Pengawasan Impor Melalui Sosial Media

Menurut petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi, Suraji, terdapat 20 kali peristiwa guguran lava pijar yang mengarah ke Kali Bebeng dengan jarak luncur maksimum mencapai 1.800 meter. Suraji menjelaskan hal ini dalam keterangan yang dikeluarkan di Jakarta pada hari Senin (9/10/2023).

Selama periode enam jam tersebut, BPPTKG mencatat sebanyak 30 kali gempa guguran dengan amplitudo berkisar antara 3 hingga 14 milimeter, serta durasi gempa bervariasi antara 35,64 hingga 197,24 detik. Selain itu, juga terjadi 30 kali gempa tipe hybrid atau gempa fase banyak dengan amplitudo 3 hingga 10 milimeter, tidak teramati adanya sinyal S-P, dan lama gempa berkisar antara 4,4 hingga 9,32 detik.

Baca juga: Kenapa Kamera Depan Instagram Blur? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Mengkhawatirkan, sejak awal tahun 2023 hingga tanggal 9 Oktober 2023, Gunung Merapi telah meletus sebanyak 28 kali. Hal ini menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik yang perlu diawasi dengan cermat oleh BPPTKG dan pihak berwenang terkait.

Peningkatan aktivitas Gunung Merapi ini telah memicu keprihatinan di kalangan masyarakat sekitar. Pihak berwenang telah mengeluarkan peringatan kepada penduduk yang tinggal di sekitar Gunung Merapi untuk selalu waspada dan mematuhi instruksi yang diberikan oleh BPPTKG. Langkah-langkah evakuasi dan pengamanan telah disiapkan sebagai tindakan antisipasi jika aktivitas vulkanik ini semakin meningkat.

Baca juga: Kapan Jogja Hujan? Ini Penjelasan dari BMKG

BPPTKG terus memantau situasi Gunung Merapi dengan menggunakan berbagai alat pemantauan yang canggih, termasuk seismograf dan perangkat lainnya untuk memprediksi potensi erupsi. Semua pihak diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti perkembangan situasi dari sumber-sumber resmi yang dikeluarkan oleh otoritas terkait. Keselamatan masyarakat adalah prioritas utama dalam menghadapi potensi bahaya erupsi Gunung Merapi.

Terimakasih telah membaca Peningkatan Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi: BPPTKG Catat 30 Gempa Guguran jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Mantan Atlet Bulu Tangkis Indonesia Ungkap Foto Viral Pertemuan Firli Bahuri dan SYL di Gor Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *