Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Kesehatan

Dinkes DIY Ingatkan Masyarakat soal Psoriasis di Tengah Musim Panas

14220
×

Dinkes DIY Ingatkan Masyarakat soal Psoriasis di Tengah Musim Panas

Sebarkan artikel ini
Penyebab Cuaca Jogja Panas
Ilustrasi Gambar

Dinkes DIY Ingatkan Masyarakat soal Psoriasis di Tengah Musim Panas ~ Headline.co.id (Jogja). Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan peringatan kepada masyarakat untuk lebih mewaspadai gangguan kesehatan kulit, terutama penyakit psoriasis, yang bisa dipicu oleh paparan sinar matahari dan cuaca panas yang tengah melanda.

Baca juga: Warga Prancis Alami Patah Tulang dalam Kecelakaan di Godean Sleman

Psoriasis adalah suatu penyakit kronis yang berkaitan dengan gangguan pertumbuhan epidermis kulit. Beberapa faktor risiko, termasuk kondisi lingkungan dan stresor, dapat memicu munculnya penyakit ini. Gangguan ini ditandai dengan munculnya bercak dan ruam merah yang menebal, bersisik, dan sering disertai dengan rasa panas dan gatal.

Kepala Seksi Standarisasi Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes DIY, Fitri Indah Setiawati, mengungkapkan bahwa prevalensi penyakit psoriasis di Indonesia mencapai 2,5 persen, meskipun belum ada data kasus yang spesifik untuk DIY. Psoriasis cenderung menyerang individu pada rentang usia 15 hingga 30 tahun, yaitu usia produktif, meskipun bisa muncul di usia yang lebih tua. Oleh karena itu, penting untuk melakukan tindakan pencegahan, deteksi, dan pengobatan yang tepat.

Baca juga: Wanita Muda 22 Tahun Asal Bandung Idap Gagal Ginjal Stadium Akhir Akibat Konsumsi Obat Diet?, Ini Penjelasan Dokter

“Dalam musim kemarau panjang seperti sekarang, paparan sinar ultraviolet dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan kulit, termasuk penyakit psoriasis. Pola hidup, seperti stres, kurang tidur, faktor hormon, dan genetika, juga dapat memicu munculnya penyakit ini,” kata Cyndi Cekti, seorang dokter spesialis kulit yang hadir dalam kegiatan edukasi terkait psoriasis.

Pihaknya menyarankan agar masyarakat menjaga pola hidup sehat untuk menghindari stres, cukup tidur, dan meminimalkan paparan sinar matahari langsung saat cuaca sedang panas. Selain itu, penting juga untuk menjaga kelembaban kulit, menghindari kulit yang terlalu kering, dan mengonsumsi makanan yang mendukung kesehatan kulit.

Baca juga: Pemprov DIY Siapkan Terobosan Baru untuk Tarik Investasi

Penanganan penyakit psoriasis bisa bervariasi, termasuk penggunaan salep, obat minum, dan terapi biologis seperti suntik. Oleh karena itu, jika Anda merasa ada gangguan pada kulit Anda, segera berkonsultasi dengan pelayanan kesehatan untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Dalam cuaca panas seperti saat ini, Dinas Kesehatan DIY mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kesehatan kulit mereka. Kualitas hidup yang baik dimulai dari kesehatan kulit yang optimal.

Terimakasih telah membaca Dinkes DIY Ingatkan Masyarakat soal Psoriasis di Tengah Musim Panas jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: JogjaRockarta Festival 2023 Kembali Menggebrak Kota Yogyakarta dengan Line Up Spektakuler ada Slank, Sepultura Hingga Overkill

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *