Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerahPemerintah

Meski Mendapatkan Apresiasi Anggota DPRD Gunungkidul, Pembangunan Pelabuhan Gesing Diharapkan Dapat Tingkatkan Kesejahteraan

2421
×

Meski Mendapatkan Apresiasi Anggota DPRD Gunungkidul, Pembangunan Pelabuhan Gesing Diharapkan Dapat Tingkatkan Kesejahteraan

Sebarkan artikel ini
Proses pembangunan kolam pelabuhan Gesing di Kalurahan Girikarto, Panggang, Gunungkidul
Proses pembangunan kolam pelabuhan Gesing di Kalurahan Girikarto, Panggang, Gunungkidul

Meski Mendapatkan Apresiasi Anggota DPRD Gunungkidul, Pembangunan Pelabuhan Gesing Diharapkan Dapat Tingkatkan Kesejahteraan ~ Headline.co.id (Gunungkidul). Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul, Ery Agustin S, mengungkapkan apresiasinya terhadap pembangunan Pelabuhan Gesing yang berlokasi di Kalurahan Girikarto, Panggang. Meskipun proyek ini sempat mengalami penundaan, Ery Agustin S menyambut baik kabar bahwa pembangunan pelabuhan tersebut sudah hampir selesai.

Baca juga: Tragedi Misterius: Wanita Muda Ditemukan Meninggal di Kosnya di Depok, Sleman

Ery Agustin S berharap bahwa setelah selesai, Pelabuhan Gesing akan dilengkapi dengan sarana prasarana pendukung yang baik. Salah satu harapan utama dari pembangunan pelabuhan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan warga di sekitar pelabuhan.

Namun, menurut Ery, pembangunan pelabuhan saja tidak cukup. Faktor pendukung lainnya, seperti akses jalan, juga perlu diperhatikan. Saat ini, akses jalan ke Pelabuhan Gesing dianggap masih belum memadai dan perlu dibangun jalan baru yang lebih baik untuk memastikan akses ke pelabuhan berjalan lancar.

“Jalannya masih sempit. Apalagi dengan perkembangan wisata saat ini, seringkali terjadi kemacetan. Jadi, sarana jalan harus diperhatikan,” ungkap Ery Agustin S.

Baca juga: Meski Sudah Kembalikan Uang Suap Tanah Kas Desa, Kejati DIY Sita Dua Tanah Milik Krido

Selain akses jalan, Ery juga menyoroti kebutuhan stasiun pengisian bahan bakar khusus untuk nelayan, yang saat ini belum tersedia di Kawasan Gesing. Selain itu, pembangunan sebuah pabrik es juga dianggap penting untuk menjaga kualitas hasil tangkapan nelayan. Sayangnya, pabrik es yang ada saat ini terletak di Kalurahan Siraman, Wonosari, yang jaraknya jauh dari pelabuhan.

Ery optimis bahwa jika pelabuhan dilengkapi dengan semua fasilitas pendukung ini, perkembangannya akan lebih cepat dan bermanfaat bagi nelayan dan masyarakat setempat.

Sebelumnya, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Catur Nur Amin, menjelaskan bahwa pembangunan Pelabuhan Gesing memerlukan anggaran sekitar Rp196 miliar. Pembangunan tahap pertama pelabuhan seharusnya selesai pada akhir 2022, tetapi terkendala oleh kondisi teknis di lapangan, sehingga target waktu diperpanjang hingga akhir Oktober 2023.

Baca juga: PSS Sleman Berambisi Raih Tiga Poin Melawan Arema FC

Salah satu kendala dalam pembangunan adalah batuan keras di area kolam, yang memerlukan peledakan untuk memperlancar proyek ini. Namun, Catur Nur Amin mengungkapkan bahwa proyek ini berjalan dengan baik, dan ia yakin bahwa pembangunan akan selesai pada Oktober mendatang.

Proyek pembangunan Pelabuhan Gesing di Gunungkidul akan menjadi aset penting bagi daerah tersebut dan diharapkan akan berdampak positif pada sektor perikanan dan perekonomian lokal.

Terimakasih telah membaca Meski Mendapatkan Apresiasi Anggota DPRD Gunungkidul, Pembangunan Pelabuhan Gesing Diharapkan Dapat Tingkatkan Kesejahteraan  jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Selain Uang, KPK Temukan 12 Senjata Api Saat Geledah Rumah Menteri Pertanian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tanah Berlubang di Rongkop Gunungkidul
Daerah

Headline.co.id, Gunungkidul, 24 Januari 2024 – Kecemasan melanda warga Padukuhan Wuni, Kalurahan Melikan, Kapanewon Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, setelah dua lubang misterius muncul dari tanah yang tiba-tiba amblas. Badan Penanggulangan Bencana…