Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerahPemerintah

Gubernur DIY: Peningkatan Literasi, Kunci Atasi Kemiskinan

4873
×

Gubernur DIY: Peningkatan Literasi, Kunci Atasi Kemiskinan

Sebarkan artikel ini
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Peer Learning Meeting Nasional 2023 di Yogyakarta
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Peer Learning Meeting Nasional 2023 di Yogyakarta (ANTARA/HO-Kemenkumham DIY)

Gubernur DIY: Peningkatan Literasi, Kunci Atasi Kemiskinan ~ Headline.co.id (Jogja). Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengungkapkan keyakinannya bahwa peningkatan literasi masyarakat memiliki potensi besar untuk mengatasi persoalan kemiskinan di provinsi ini. Pernyataan ini disampaikan dalam rangkaian acara Peer Learning Meeting (PLM) Nasional 2023 yang digelar di Yogyakarta pada hari Rabu (20/9/2023).

Baca juga: Sumbu Filosofi Yogyakarta Unesco, Ini Penjelasan Sultan Terkait Relokasi Rumah Yang Menempel Jeron Beteng

Sultan HB X menekankan bahwa literasi tidak hanya memperkaya kehidupan individu, tetapi juga menciptakan peluang bagi seluruh masyarakat untuk mengembangkan keterampilan mereka. “Penguatan literasi sangat penting dalam konteks pembangunan. Saat ini, literasi erat kaitannya dengan tingkat ekonomi dan kesejahteraan, karena tingkat literasi mencerminkan kualitas pendidikan,” ujar Sultan HB X.

Menurut Sultan, masyarakat yang memiliki tingkat literasi yang tinggi cenderung memiliki penghasilan yang layak dan lebih mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Di sisi lain, masyarakat yang kurang melek literasi seringkali menghadapi kesulitan dalam mencari pekerjaan yang memberikan bayaran yang layak dan dalam meraih promosi.

Baca juga: Jangan Kelewat, Ini Tanggal dan Rangkaian Garebeg Mulud Sekaten 2023 di Kraton Jogja

“Semakin tinggi tingkat literasi, semakin tinggi pula standar hidup yang dapat dicapai oleh individu dan masyarakat secara keseluruhan,” tambahnya.

Oleh karena itu, Sultan HB X mendukung pendidikan dasar yang lebih baik sebagai prioritas utama. Pendidikan dasar yang berkualitas akan memberikan anak-anak fondasi literasi yang kuat. “Hal ini juga merupakan salah satu indikator kunci dari kondisi ekonomi, karena berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Baca juga: Operasi Penyalahgunaan BBM Subsidi di Jogja Terungkap: Sindikat Beri Tip ke Petugas SPBU

Sultan Sri Sultan juga menyoroti fenomena terkini di masyarakat, yakni banjir informasi yang seringkali membawa dampak negatif. Hal ini mengakibatkan masyarakat terperangkap dalam berbagai bentuk misinformasi, disinformasi, dan mal-informasi. Oleh karena itu, peningkatan literasi menjadi kebutuhan mendesak bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Saat ini, berita bohong lebih cepat menyebar daripada berita asli. Bahkan, hanya satu persen dari berita bohong yang paling populer berhasil menjangkau 1.000 hingga 10.000 pengguna, sementara berita asli sangat jarang mencapai jumlah tersebut,” ungkap Sultan Sri Sultan.

Baca juga: Jadwal Kereta Bandara YIA Terbaru Hari ini

Dengan penekanan kuat pada peningkatan literasi dan pendidikan dasar yang berkualitas, Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap bahwa DIY dapat menjadi salah satu model bagi provinsi lain di Indonesia dalam mengatasi masalah kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya.

Terimakasih telah membaca Gubernur DIY: Peningkatan Literasi, Kunci Atasi Kemiskinan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Jadwal dan Harga Kereta Bandara Yia Xpress Hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *