Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerahTransportasi

BRT Trans Jateng Koridor Solo-Sukoharjo-Wonogiri Siap Beroperasi

9874
×

BRT Trans Jateng Koridor Solo-Sukoharjo-Wonogiri Siap Beroperasi

Sebarkan artikel ini
Kepala Balai Transportasi Jawa Tengah, Dinas Perhubungan Jateng, Joko Setyawan
Kepala Balai Transportasi Jawa Tengah, Dinas Perhubungan Jateng, Joko Setyawan

BRT Trans Jateng Koridor Solo-Sukoharjo-Wonogiri Siap Beroperasi ~ Headline.co.id (Semarang). Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali memberikan kenyamanan kepada masyarakat dengan mengoperasikan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng yang akan beroperasi pada tanggal 8 Agustus 2023 dengan rute Solo-Sukoharjo-Wonogiri.

Baca juga: Hadiri LPDP Fest, Jokowi Berpesan Para Penerima LPDP Kembali Ke Tanah Air

Kepala Balai Transportasi Jawa Tengah, Joko Setyawan, menjelaskan bahwa pelayanan BRT Solo-Sukoharjo-Wonogiri akan menjadi koridor ketujuh dari layanan BRT Trans Jateng. Pemilihan rute ini didasarkan pada kebutuhan masyarakat Jawa Tengah akan angkutan massal yang baik, terutama di wilayah Solo Raya. Sebelumnya, hanya terdapat satu koridor di daerah tersebut, yaitu Solo-Sragen. Dengan hadirnya koridor Solo-Sukoharjo-Wonogiri, diharapkan pelayanan angkutan ini akan memberikan manfaat bagi banyak pekerja, industri, pegawai pemerintah, pelajar, dan mahasiswa yang tinggal di wilayah tersebut.

Joko Setyawan juga menyoroti pentingnya kerjasama dengan moda transportasi lain seperti Kereta Api Batara Kresna, sehingga penumpang dari kedua moda tersebut dapat dengan mudah melanjutkan perjalanan mereka.

Baca juga: Prodi HES FAI Unismuh Makassar dan Pengadilan Agama Jakarta Pusat Lakukan Serah Terima Mahasiswa PKL

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan mengoperasikan 14 unit armada bus dan satu unit cadangan setiap hari dengan jam operasional dari pukul 05.00 hingga 19.00 WIB. Bus-bus ini akan berangkat dari Terminal Tirtonadi Solo dan Terminal Tipe C Wonogiri.

Harga tiket untuk pengguna umum akan tetap sama dengan koridor BRT lainnya, yaitu Rp4 ribu, sedangkan pelajar, buruh, dan veteran akan dikenakan tarif khusus sebesar Rp2 ribu. Hal ini dimaksudkan agar layanan BRT tetap terjangkau bagi masyarakat Solo-Sukoharjo-Wonogiri.

Baca juga: Ciptakan Kenyamanan Umat Hindu Rayakan Galungan, Polsek Penengahan Lakukan Pengamanan

Dalam upaya memberikan kenyamanan bagi penumpang, setiap bus dilengkapi dengan pendingin udara, dan kecepatan akan dibatasi untuk keamanan. Selain itu, CCTV juga akan dipasang di dalam dan di luar bus.

Keberadaan BRT koridor Solo-Sukoharjo-Wonogiri menunjukkan perhatian serius dari pemerintah provinsi terhadap angkutan umum massal. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, telah menyadari pentingnya mengatasi kemacetan di kota. Oleh karena itu, pelayanan BRT Trans Jateng termasuk koridor Solo-Sukoharjo-Wonogiri, menjadi salah satu langkah penting dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jateng, yang mencakup tujuh koridor BRT Trans Jateng dari 2018 hingga 2023.

Baca juga: Pelari Jarak 100 Meter Sering Disebut dengan Istilah Apa?

Joko berharap dengan kehadiran BRT ini, masyarakat akan berpindah ke angkutan umum sehingga penggunaan kendaraan pribadi dapat berkurang. Dampaknya, Jawa Tengah akan menjadi contoh bagi kota-kota lain dengan angkutan umum yang baik dan lancar, serta mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas di wilayah tersebut.

Terimakasih telah membaca BRT Trans Jateng Koridor Solo-Sukoharjo-Wonogiri Siap Beroperasi jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Wisata Candi Prambanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *