Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Lifestyle

Mengenal Apa itu Press Release dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

267
×

Mengenal Apa itu Press Release dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Sebarkan artikel ini
Contoh Press Release Media
Contoh Press Release Media

Mengenal Apa itu Press Release dan Manfaatnya Bagi Perusahaan ~ Headline.co.id. Pasti kalian tidak asing lagi dengan istilah press release. Tentu jika kita mendengar kata tersebut tidak akan jauh dengan media karena press release itu sendiri melekat dengan media pemberitaan (berita).

Baca juga: Amelia Pingky Kwarcab Karanganyar Jadi Duta Humas Pandu Citraloka 2022

Buat yang masih awam Press Release Media bertujuan untuk menjadi sarana sebagai penyampai informasi tentang perusahaan atau agenda tertentu. Salah satu contohnya yang sering kita lihat adalah berita atau promo yang sering di berikan oleh perusahaan. Bahkan saat ini banyak sekali Jasa Press Release yang tersedia untuk membantu menerbitkan berita.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat tentu dengan Jasa Press Release Media atau mengundang wartawan untuk press release dapat menjadi senjata atau ajang penyampaian informasi kepada publik. Tentunya dengan strategi kita perusahaan dapat mengatur informasi yang akan diberikan kepada publik agar tujuan dari perusahaan dapat tercapai.

Baca juga: Tips Merencanakan Liburan Seru Bersama Keluarga di Bali

Buat yang masih binggung apa saja yang disampikan saat press release. Biasanya perusahaan menyampaikan tentang apa yang terjadi, bisa juga klarifikasi sebuah permasalahan, atau penyampaian promo yang saat ini sedang dijalankan oleh perusahaan.

Masih binggung? Jika masih binggung intinya press release merupakan alat yang digunakan untuk publikasi sehingga masyarakat bisa dengan mudah menemukan informasi terkait perusahaan tersebut.

Tentunya dengan publikasi melalui press release tersebut, masyarakat bisa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dan juga apa yang dilakukan oleh perusahaan.

Baca juga: Sulap Ruang Keluarga Jadi Bioskop Mini pakai Pinjaman KTA

Biasanya press release ini melibatkan memerapa media baik online maupun offline seperti media online/ majalah /koran/televisi yang mana media tersebut menyebarkan berita yang disampaikan oleh perusahaan ke masyarakat umum.

Isinya harus komprehensif, sehingga membuat media/koran/televisi yang kelak memberitakannya bisa mendapatkan informasi yang baik. Selain itu, press release juga harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
Buat kamu yang mau melakukan press release yang perlu kamu perhatikan adalah siapkan berita terkait acara tersebut tentunya dengan memenuhi kaidah 5W (What, Where, When, Who, atau Why) 1H (How).

Baca juga: Jokowi Bentuk Tim Khusus Untuk Respons Serangan Hacker Bjorka

Lalu jika kita melakukan press release apa sih manfaatnya? Tentu jika kamu melakukan press release kepada media banyak hal yang kamu dapatkan seperti perusahaan atau lembaga akan lebih dikenal oleh banyak orang sehingga bisa meningkatkan citra perusahaan atau lembaga.

Biasanya dalam sebuah perusahaan jika melakukan press release dilakukan langsung oleh bagian Public Relation atau bagian humas. Humas merupakan singkatan dari hubungan masyarakat. Oleh sebab itu, bagian humas ini menghubungkan perusahaan atau lembaga dengan masyarakat. Biasanya dalam bentuk informasi berupa tulisan dari perusahaan atau lembaga supaya masyarakat banyak yang tahu.

Baca juga: Contoh Video Company Profile Keren dan Cara Membuat Video Company Profile

Namun biasanya humas tidak bisa berjalan sendiri, biasanya humas didampingi oleh tim terkait untuk menyampaikan press release seperti tim marketing untuk promosi tim penanganan kasus jika untuk klarifikasi atau tim lainnya yang berhubungan langsung dengan berita yang hendak kita sampaikan kepada media.

Meski dilakukan langsung oleh tim internal seperti humas, tidak menutup kemungkinan press release ini melibatkan pihak ketiga. Hal ini dilakukan karena pihak ketiga dianggap lebih berkompeten dalam membuat Press Release.

Baca juga: Tingkatkan Pemahaman PMK, BNPB Bekali Personel di Daerah

jika dilihat secara sekilas, press release berbentuk seperti sebuah berita, tetapi disisipkan sebuah promosi atau sebuah branding untuk perusahaan atau lembaga. Oleh sebab itu, penulisan Press Release sangat membutuhkan yang namanya ketelitian dan pemilihan bahasa yang menarik untuk dibaca oleh banyak orang.

Baca juga: Pengembangan Model Skor Baru Operasi Bedah Jantung Dewasa Lebih Akurat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *