Apa Kepanjangan Dari Internet? Ini Sejarah Fungsi Dan Dampaknya

Pengertian internet menurut para ahli
Internet (Istimewa)

Apa kepanjangan dari internet? Ini Sejarah Fungsi dan Dampaknya ~ Headline.co.id (Teknologi). Semua orang pasti tidak asing dengan kata internet, karena semua orang saat ini pasti membutuhkan internet untuk mengakses informasi baik melalui website maupun melalui media sosial. Namun meski tidak asing lagi dengan kata Internet tidak semua orang tau lo internet itu apa dan dampak dari internet sendiri itu apa. Buat kalian yang penasaran langsung saja kita bahas selengkapnya dibawah ini.

Baca juga: Naik 1,03%, Pengguna Internet di Indonesia 2022 Capai 204,7 Juta

[ toc ]

Apa Itu kepanjangan dari internet?

Kepanjangan dari Internet adalah Interconnecting Netwroking. Masih binggung? Nah internet sendiri merupakan rangkaian komputer yang telah terhubung dalam satu rangkaian, dengan kata lain internet itu merupakan sebuah jaringan komunikasi yang mencakup secara global yang dapat digunakan untuk menghubungkan seluruh pengguna di penjuru dunia.

Baca juga: Cari HP Ram 8 GB? Ini Rekomendasi Hp Bagus harga Murah

Internet dapat menghubungkan para pengguna di seluruh dunia dengna menggunakan sistem standar global transmission control protocol/ internet protocol suite atau TCP/ IP.

Sejarah Singkat Internet

Sejarah Internet dimulai pada tahun 1969 yang dilakukan oleh DARPA, yaitu sebuah badan pertahanan Amerika Serikat yang membuat sebuah proyek yang bernama ARPANET. ARPANET adalah sebuah proyek yang memungkinkan untuk membuat sistem yang saling terhubung. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP dan hingga sekarang masih dikembangkan.

Baca juga: Begini Cara Tetap Terhubung ke WhatsApp Meski Baterai Ponsel Habis

Sambungan pertama ARPANET yang terbentuk dan saling terhubung adalah beberapa universitas. Universitas diantaranya adalah Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara,University of Utah yang terhubung pada tahun 1969. Jadi total terdapat empat (4) simpul jaringan.ARPANET secara umum diperkenalkan pada tahun 1972. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, dalam proyek ini ada 213 jaringan yang tersambung, dan ini membingunkan ARPANET untuk mengaturnya. Sehingga ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan militer, dan ARPANET untuk keperluan non militer seperti universitas. Kedua jaringan tersebut dikenal sebagai DARPA Internet dan disingkat menjadi Internet.

Setelah terbentuknya Internet, perkembangan ini terus terjadi hingga sekarang. Proyek-proyek pendukung lainnya sudah banyak yang diterapkan pada jaman sekarang ini. Contohnya saja proyek DNS, pengalamatan IP, Email, TCP/IP, WWW, dan masih banyak lagi. Perkembangan internet masih terus berkembang dan memunculkan banyak inovasi atau perangkat atau sistem. Seperti yang masih hangat sekarang adalah Cluod Computing yang mungkin akan menjadi trend di masa depan.

Baca juga: Inilah Fitur Menarik dari Redmi Smart Band Pro yang di hadirkan oleh Xiaomi

Fungsi Internet untuk apa?

Nah untuk fungsi dari internet sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai media komunikasi
  2. Sebagai media untuk mengakses informasi
  3. Sebagai media untuk bertukar sumber daya
  4. Sebagai media untuk akses berita

Baca juga: HP Luncurkan 2 Laptop Baru, Ini Harga dan Fitur Menarik OMEN 16 dan VICTUS 16

Selain memiliki fungsi diatas internet juga bisa memiliki dampak lo? Tentunya internet juga memiliki dampak positif dan juga dampak negatif. Sehingga dalam penggunaan internet harus dilakukan secara bijak dan tidak melanggar aturan yang berlaku. Beriktut adalah beberapa dampak positif dan dampak negatif dari internet.

Dampak Positif Internet

  • Memudahkan untuk mendapatkan informasi
  • Dapat membantu para pelajar untuk menyelesaikan tugasnya
  • Sebagai media self learning para penggunanya
  • Dapat menambah pengetahuan dan pengawasan.

Baca juga: Cari Gimbal Kamera Murah? Ini daftar Harga Stabilizer Terbaru

Dampak Negatif Internet

  • Mengakibatkan kecanduan
  • Dapat menimbulkan ptensi kejahatan melalui internet
  • Dapat mengakses konten yang tidak pantas dan berbahaya
  • Tidak dapat menyaring berita bohong
  • Meningkatnya resiko provokasi

Baca juga: Review Tamron 11-20mm f/2.8 Alternatif Lensa Wide Sony APS-C

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.