Dokter Spesialis Jantung ini Sampaikan 6 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan

Dokter Spesialis Jantung RSUD Kota Depok Melyana memaparkan Tips Sehat Selama Puasa pada Masa Pandemi
Dokter Spesialis Jantung RSUD Kota Depok Melyana memaparkan Tips Sehat Selama Puasa pada Masa Pandemi

Dokter Spesialis Jantung ini Sampaikan 6 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan ~ Headline.co.id (Kesehatan). Dokter Spesialis Jantung RSUD Kota Depok, Melyana mengatakan, ada enam manfaat yang bisa diperoleh bagi kesehatan tubuh dengan berpuasa. Hal ini disampaikan lewat web seminar (webinar) bertajuk ‘Tips Sehat Selama Puasa pada Masa Pandemi’ yang digagas Satgas Covid-19 Kota Depok, Sabtu (02/04) kemarin.

Baca juga: Naik 1,03%, Pengguna Internet di Indonesia 2022 Capai 204,7 Juta

Adapun enam manfaat puasa bagi kesehatan yakni menyehatkan jantung, membantu detoksifikasi, menjaga berat badan, meningkatkan imun, menurunkan gula darah dan meningkatkan fungsi otak.

“Pertama, puasa dapat menyehatkan jantung. Karena dengan berpuasa kadar kolesterol baik dalam tubuh meningkat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung,” tuturnya dalam webinar tersebut.

Dalam webinar yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri merupakan hasil kolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan serta RSUD Kota Depok.

Baca juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari ini di Jogja

Lebih lanjut Melyana mengungkapkan, puasa juga dapat membantu proses detoktifikasi karena tubuh akan memakan cadangan lemak dengan cara membakarnya bersama racun dalam tubuh. Tidak hanya itu, puasa juga dapat menjaga berat badan, karena merupakan diet yang dapat membersihkan usus dari endapan makanan yang dapat menjadi lemak.

“Saat puasa limfosit dalam tubuh akan meningkat, sehingga kekebalan tubuh juga meningkat jadi tidak mudah diserang penyakit. Lalu, berpuasa juga dapat menurunkan gula darah hingga 30 persen dan dapat meningkatkan fungsi otak,” jelasnya.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur

Melyana menuturkan, agar dapat memperoleh manfaat berpuasa secara maksimal, terdapat beberapa hal yang harus menjadi perhatian. Di antaranya, tidak melewatkan waktu sahur dan mengatur menu makanan.

“Makanan yang disajikan sebaiknya dari sumber kalori dan karbohidrat kopleks yang rendah gula. Lalu, perbanyak sayur dan serat serta kurangi makanan manis dan berlemak,” ungkapnya.

Baca juga: Terdapat 3 Pilihan Keberkahan di Bulan Ramadan, Kamu Termasuk Golongan Mana?

Selanjutnya, sambung Melyana, harus mengontrol porsi makan, mengurangi konsumsi kafein dan kadar garam tinggi. Kemudian, tetap beraktivitas fisik, cukupi kebutuhan cairan dan konsumsi suplemen dan vitamin.

“Dengan begitu diharapkan kita semua dapat berpuasa secara sehat dan maksimal dalam beribadah,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK) Kota Depok, Elly Farida turut memberi motivasi kepada peserta webinar. Yang diikuti oleh tenaga kesehatan maupun masyarakat umum.

Baca juga: Perbaikan Expantion Joint! Fly Over Janti Ditutup dan Dialihkan Mulai Malam ini

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.