Strategi dan Peran Peran Orang Tua dalam Mencegah dan Melindungi Anak dari Bahaya Narkoba

Apa saja peran orang tua agar anak terhindar dari Narkoba
Foto: Kominfo Lumajang

Strategi dan Peran Peran Orang Tua dalam Mencegah dan Melindungi Anak dari Bahaya Narkoba ~ Headline.co.id (Lumajang). Kejahatan Narkotika, merupakan jenis kejahatan yang luar biasa, dan menjadi ancaman serius karena dapat merusak sendi-sendi kehidupan suatu bangsa.

Baca juga: Tips Membuat Konten Media Sosial Agar Cepat Viral dan FYP

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono menyampaikan, bahwa semua pihak harus mewaspadai itu, yakni dengan melakukan hal paling mendasar, salah satunya sebagai orang tua perannya sangat penting dalam mencegah dan melindungi keluarga utamanya anak dari bahaya narkoba.

“Kita sebagai warga Lumajang, perlu melakukan perlawanan terhadap kejahatan Narkoba,” ujarnya saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Dalam Rangka Fasilitasi Advokasi Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba Berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa, bertempat di Saudjana Cafe, Selasa (22/3/2022).

Baca juga: Pertama di Indonesia, Jurnal Psikologi UIN Walisongo Tembus Scopus

Agus Triyono juga menyampaikan, bahwa ada 3 strategi dalam melakukan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Perderan Gelap Narkoba (P4GN), yakni melalui pemberantasan (Hardcore Power), pencegahan, pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi (Soft Power), dan kerja sama (Empowering).

Lanjut dia, selain itu juga ada beberapa strategi orang tua dalam melindungi anak agar tercipta ketahanan keluarga diantaranya, membangun komunikasi, melakukan hal positif, memberikan teladan yang baik, menciptakan keluarga yang harmonis, membuat peraturan positif, memantau terus pergaulan anak, serta menanamkan nilai agama pada keluarga.

Baca juga: Tinjau Stan Indonesia di Pameran Haji Dunia, Menag: Perlu Digitalisasi Layanan Jemaah

Oleh karena itu, dirinya berharap kepada peserta yang hadir di kegiatan tersebut, agar nantinya dapat disampaikan atau disosialisasikan kepada masyarakat sebagai bentuk mensukseskan P4GN di Kabupaten Lumajang.

“Ada beberapa strategi yang saya minta kepada para kepala desa, untuk menyampaikan kepada masyarakat dan keluarganya,” harapnya.

Baca juga: Mau Jadi Programmer? Ini Skill dan Tugas Yang Wajib Dikuasai

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.