Tips Membuat Kemasan Produk Menjadi Lebih Unik dan Menarik

Cara Desain Produk yang menarik pelanggan
ilustrasi (Shutterstock)

Tips Membuat Kemasan Produk Menjadi Lebih Unik dan Menarik ~ Headline.co.id. Hallo sobat headline, pada kesempatan saya mau berbagi informasti terkait tips kemasan produk ya gaes. Nah buat kalian yang suka jualan tentu salah satu hal yang menarik pembeli adalah desain. Kenapa seperti itu karena desain yang bagus dan menarik tentu akan membuat orang tertarik dan akan membuat paradikma bagus akan produk yang kita jual.

Baca juga: Cegah Omicron dari Luar Negeri, Satgas Covid-19 Beri Rekomendasi Pemprov Kepri

Karena pada masa saat ini persaingan produk tidak hanya pada keungulan kualitas produk namun juga dengan desain dan juga package yang bagus, dengan begitu akan menjadi nilai tambah untuk memberikan emotional benefit kepada para konsumen.

Salah satu contohnya adalah desain produk karakter kartun akan mudah membuat anak tertarik saat membelinya. Dengan begitu kemasan juga dapat memengaruhi konsumen untuk memberikan respon yang positif, yaitu membeli produk.

Baca juga: The Obonk Steak & Ribs, Legenda Steak Bakar Beneran di Jogja

Untuk mendapatkan desain kemasan produk yang bagus tentu dibutuhkan research yang bagus apalagi kita juga harus menyesuaikan dengan market yang kita bidik. Selain itu kita juga harus mengkombinasikan bentuk, warna, grafis, merek, ilustrasi, huruf serta tata letak desain akan berbeda di setiap kelas konsumen.

Terkadang bagi yang masih kendala untuk desain anda bisa juga menggunakan jasa desain logo untuk mempermudah proses desain.

Baca juga: Pemkot Bandar Lampung Turunkan Dua Alat Berat Untuk Tertibkan PKL di Jalan Batu Sangkar

Salah satu kunci utama dalam dalam membuat desain produk atau kemasan sederhana. Kenapa sederhana karena jika desain kita simpel tentu akan menciptakan respon emosional positif yang secara tidak langsung membujuk para konsumen untuk melakukan pembelian.

Selain itu, pengemasan juga harus dapat menarik perhatian visual, emosional dan rasional. Desain kemasan yang baik harus memberikan nilai tambah untuk produk yang dikemas.

Baca juga: Lantik Delapan Pejabat Struktural, Wali Kota Eva Dwiana: Harus Bekerja Sesuai Tupoksi

Tergantung pada penelitian, semua kegiatan deteksi manusia, 80% mendeteksi melalui penglihatan atau mata yang terlihat.

Oleh karena itu, grafik kemasan seperti warna, bentuk, tanda, ilustrasi, huruf dan kondisi adalah elemen visual yang memiliki peran utama dalam proses transmisi komunikasi visual.

Faktor-Faktor dalam Pertimbangan Desain Kemasan Produk

Kemasan yang baik dan yang akan digunakan semaksimal mungkin dalam pasar harus mempertimbangkan dan dapat menampilkan beberapa faktor di antaranya seperti berikut ini:

1. Faktor pengamanan

Kemasan harus dapat melindungi produk terhadap berbagai kemungkinan yang dapat menjadi penyebab timbulnya kerusakan barang.

2. Faktor ekonomi

Perhitungan biaya produksi yang efektif. Termasuk pemilihan bahan sehingga biaya tidak melebihi proporsi manfaatnya.

3. Faktor pendistribusian

Kemasan harus mudah didistribusikan. Mulai dari pabrik ke distributor maupun pengecer sampai ke tangan konsumen.

4. Faktor komunikasi

Sebagai media komunikasi kemasan menerangkan dan mencerminkan produk, citra merek. Serta bagian dari produksi dengan pertimbangan mudah dilihat, dipahami dan diingat.

4. Faktor ergonomi

Pertimbangan agar kemasan mudah dibawa atau dipegang, dibuka dan mudah diambil.

5. Faktor estetika

Dengan tujuan mencapai mutu daya tarik visual secara optimal.

6. Faktor identitas

Kemasan harus berbeda dengan kemasan lain. Selain itu juga harus memiliki identitas produk agar mudah dikenali dan dibedakan dengan produk-produk yang lain.

7. Faktor promosi

Kemasan mempunyai peranan penting dalam bidang promosi. Dalam hal ini kemasan berperan sebagai silent sales person.

8. Faktor lingkungan

Dengan cara menggunakan kemasan-kemasan yang ramah lingkungan (environmentally friendly), dapat didaur ulang (recyclable) atau dapat dipakai ulang (reusable).

Demikian artikel terkait Tips Membuat Kemasan Produk Menjadi Lebih Unik dan Menarik semoga bermanfaat terimakasih telah mengunjugi headline.co.id.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *