BNPB Gerak Cepat Kirimkan Bantuan Makanan ke Lokasi Pengungsian Letusan Gunung Semeru

Ilustrasi Gunung Semeru
Ilustrasi Gunung Semeru

BNPB Gerak Cepat Kirimkan Bantuan Makanan ke Lokasi Pengungsian Letusan Gunung Semeru ~ Headline.co.id (Jakarta). Gunung Semeru yang merupakan gunung api tertinggi di Jawa Timur mengeluarkan erupsi pada, Sabtu (4/12/2021). Akibat dari erupsi gung semeru membuat masyarakat sekitar yang terdampak panik berhamburan menghindari kepulan abu vulkanik.

Baca juga: Pemeran Video Syur Bandara YIA Berhasil ditangkap Polda DIY di Bandung

Read More

Menangapi bencana tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bergerak cepat mengambil langkah menangani pengungsi terdampak letusan Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kepala BNPB Letjen TNI Suhariyanto menuturkan bahwa BPBD Kabupaten Lumajang telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat dan para penambang untuk tidak beraktivitas di sepanjang daerah aliran Sungai Mujur dan Curah Kobokan.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru, Polres Lumajang Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

“Anggota BPBD Kabupaten Lumajang bersama tim gabungan lainnya segera menuju lokasi kejadian di sektor Candi Puro Pronojiwo untuk melakukan pemantauan, mengkaji dengan cepat, pendataan evakuasi, dan tindakan lainnya yang dianggap perlu dalam penanganan darurat,” kata Suhariyanto, dalam konferensi pers virtual Perkembangan Pasca Erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021).

Tim BPBD Kabupaten Lumajang saat ini juga tengah mengupayakan mendirikan titik pengungsian sektoral di Kecamatan Candi Puro, Kabupaten Lumajang.

Baca juga: Akibat Erupsi Gunung Semeru Dua Kecamatan di Lumajang Gelap Gulita

“Lokasi pengungsian yang saat ini ada dan sudah terisi ada di tiga desa, dan di dua kecamatan,” terang Suhariyanto.

“Malam ini juga kami sudah mengirimkan tim reaksi cepat untuk mendampingi BPBD Kabupaten Lumajang dan BPDB Jawa Timur yang bergerak bersama unsur dari Kementerian Kesehatan. Malam ini bergerak lewat darat dan membawa logistik antara lain selimut, makanan siap saji, terpal, tenda darurat, matras, dan logsitik lainnya,” tuturnya.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Warga Panik Panik Hindari Hujan Abu Vulkanik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *