Pelaksanaan Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19, Kemendagri Sebut Siap Perketat Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
Ilustrasi Pilkada. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Pilkada. (Foto: Istimewa)

HeadLine.co.id (Jakarta) – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengatakan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 menjadi tantangan tersendiri. Hal ini dikarenakan pelaksanaan Pilkada perlu menjamin keselamatan kesehatan masyarakat di tengah pandemi covid-19.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Sampaikan Ucapan Selamat Idul fitri 1441 H

Read More

Bahtiar selaku Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri mengatakan pada prinsipnya pihak Kemendagri siap mendukung sepenuhnya, termasuk mempertajam protokol kesehatan.

“Prinsipnya Kemendagri, Kemenkes, Gugus Tugas COVID-19, dan aparat lainnya siap mendukung sepenuhnya, termasuk mempertajam protokol kesehatan yang akan disiapkan dan bagaimana jajaran pemerintahan, masyarakat, layanan kesehatan di lapangan lebih kuat mendukung pelaksanaannya. Saya kira kondisi dan syarat itu bisa diatasi,” ujarnya pada Sabtu (23/5/2020).

Baca juga: Bacaan Takbir di Malam Takbiran Idul Fitri 1441 H, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Bahtiar mengaku bahwa wabah COVID-19 yang melanda masyarakat dunia memiliki tantangan khusus yang belum pernah dialami penyelenggara Pemilu di belahan dunia mana pun. Indonesia akan menjadi saksi sejarah dilaksanakannya Pilkada di tengah wabah Corona.

Baca juga: 15 Perawat Dinyatakan Positif Corona, RSUD Depok Ditutup Sementara

“Memang seluruh dunia itu trial dan error, kita belajar dari yang sukses dan dari yang gagal, dan semua negara termasuk penyelenggara Pemilu di seluruh dunia belum punya pengalaman menghadapi Pemilu atau pilkada dalam situasi wabah. Oleh karena itu, memang pertama kali kita menjadi saksi sejarah dunia, jadi kita sama-sama belajar,” ujar Bahtiar.

Pemerintah, termasuk penyelenggara Pemilu, ditambah dengan Gugus Tugas COVID-19 secara prinsip siap mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di 270 daerah. Tak kalah penting, peserta Pilkada termasuk masyarakat memiliki peranan penting untuk terlibat dan patuh dalam protokol kesehatan pada pelaksanaan Plkada.

Baca juga: Kemenhub Perketat Pengawasan Transportasi Jelang Hari Raya Idul Fitri di Arus Mudik dan Balik

Bahtiar mengatakan bahwa kita harus optimis bahwa kita busa melaksanakan Pilkada tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *