Headline.co.id (Jogja) ~ Libur panjang dalam rangka Peringatan Tahun Baru Islam dimanfaatkan ribuan masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta mencatat lonjakan signifikan volume penumpang pada hari kedua periode liburan, Sabtu (28/6).
Baca juga: S3DIFA UAD Kenalkan AI ke UMKM Jogotirto agar Mampu Bersaing di Era Digital
Dalam keterangan tertulis yang diterima headline.co.id, Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Feni Novida Saragih menjelaskan bahwa hingga Sabtu, jumlah penumpang kereta jarak jauh yang berangkat dari wilayah Daop 6 mencapai 26.590 orang. Adapun jumlah penumpang yang tiba di wilayah ini tercatat sebanyak 23.065 orang.
“Jika kita lihat berdasarkan pantauan data, hari Sabtu ini untuk keberangkatan mulai meningkat, dan puncak arus balik long weekend kali ini kita prediksi akan terjadi pada Minggu (29/6) yang hingga saat ini sudah mencapai 29.121 penumpang,” ungkap Feni.
Stasiun Yogyakarta mencatat volume keberangkatan tertinggi dengan 13.870 penumpang. Disusul Stasiun Lempuyangan dengan 6.862 penumpang, lalu Stasiun Solo Balapan sebanyak 4.691 penumpang, serta beberapa stasiun lainnya di wilayah Daop 6.
Sementara itu, kedatangan tertinggi juga tercatat di Stasiun Yogyakarta dengan 11.487 penumpang, kemudian Stasiun Lempuyangan dengan 6.204 penumpang, dan Stasiun Solo Balapan 4.289 penumpang.
Feni juga menyebutkan adanya peningkatan signifikan dibandingkan dengan hari Sabtu pada minggu biasa. “Kunjungan penumpang KA ke wilayah Daop 6 pada hari ini mengalami kenaikan sekitar 15 persen, sedangkan untuk keberangkatan naik sekitar 47 persen jika dibandingkan rata-rata hari Sabtu biasanya,” jelasnya.
Dalam menghadapi lonjakan ini, KAI Daop 6 menyiapkan 28 perjalanan KA jarak jauh setiap harinya selama periode 26–30 Juni 2025. Rinciannya meliputi 25 KA reguler, 2 KA fakultatif, dan 1 KA tambahan.
Baca juga: Maknai Tahun Baru Islam 1447 H: Menag Ajak Umat Hijrah dari Seremonial ke Transformasi Hakiki
Feni juga mengimbau masyarakat agar merencanakan perjalanan dengan matang dan memeriksa jadwal keberangkatan dengan cermat. “Kami tetap mengimbau masyarakat dapat merencanakan dengan baik perjalanannya serta selalu memperhatikan jadwal keberangkatan KA dan mengatur waktu perjalanan menuju stasiun dengan seksama, paling lambat sudah tiba di stasiun 30 menit sebelum jadwal KA berangkat,” tegasnya.
Menutup pernyataannya, Feni memastikan bahwa KAI Daop 6 berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan. “KAI Daop 6 berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik khususnya dalam menghadapi momen-momen seperti libur panjang agar perjalanan para penumpang dapat berjalan dengan selamat, aman, lancar dan nyaman,” tutupnya.
Baca juga: Bongkar Skandal Beras: 85 Persen Gagal Standar, Konsumen Dirugikan Rp99 Triliun Setahun





















