WHO Sebut Virus Corona Bakal Jadi Endemik

  • Whatsapp
Ilustrasi virus Corona. (Dok. Radarsurabaya.id)
Ilustrasi virus Corona. (Dok. Radarsurabaya.id)

HeadLine.co.id (Jakarta) – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut virus corona bakal menjadi endemik seperti HIV. WHO mengatakan saat beberapa negata secara bertahap melonggarkan pembatasan dan lockdown, COVID-19 mungkin tak akan pernah hilang seluruhnya. Hal ini diungkapkan oleh Pakar kedaruratan kesehatan WHO, Mike Ryan.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Subisidi Bunga Hingga Rp34,15 Triliun untuk 60,66 Juta UMKM

Bacaan Lainnya

“Penting untuk mengingat ini: virus ini bisa menjadi virus endemik lain di komunitas kita dan mungkin tidak akan pernah hilang,” ucapnya yang dikutip dari SCMP pada Kamis (14/5/2020).

Mike mengatakan bahwa penting bagi masyarakat untuk realistis dan tidak berpikir siapa pun dapat memprediksi kapan penyakit ini akan hilang.

Baca juga: Ketua MA Dr. Syarifuddin: Yang Bisa Dibina Kita Bina yang Tidak Bisa Dibina Dibinasakan Saja

“Tidak ada janji dalam hal ini, tidak ada tanggal. Penyakit ini bisa menjadi masalah yang lama, atau mungkin juga tidak,” sambungnya.

Baca juga: Terima Bantuan 1 Ton Beras, Wagub Ajak Seluruh Elemen Saling Menguatkan

Namun, ia mengatakan dunia memiliki kendali untuk mengatasi COVID-19 meski akan membutuhkan upaya besar bahkan jika vaksin ditemukan. Saat ini lebih dari 100 vaksin potensial sedang dikembangkan termasuk beberapa telah memasuki uji klinis, tetapi para ahli telah menggarisbawahi kesulitan menemukan vaksin yang efektif terhadap virus Corona.

Baca juga: Setelah dilakukan Pencarian 6 Jam Korban Longsor Leuwisadeng Bogor Baru Ditemukan

Selain itu, Mike mencatat ada beberapa vaksin untuk penyakit lain, seperti campak, yang hingga kini penyakitnya belum dieliminasi atau hilang seluruhnya.
Ia menyebut kontrol yang signifikan dari virus sangat diperlukan untuk menurunkan risiko yang tetap sangat tinggi di tingkat nasional, regional, dan global.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *