by

Lima Destinasi Wisata Di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

HeadLine.co.id, (Jalan-Jalan) – Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang terletak di ujung Pulau Jawa. Kabupaten tersebut memiliki luas 5.782,50 km persegi merupakan kabupaten terluas di pulau Jawa bahkan lebih luas dibanding Pulau Bali. Kabupaten yang dijuluki sebagai The Sunrise Of Java tersebut memiliki beragam wisata, mulai dari wisata alam seperti gunung dan laut, kebudayaan yang unik serta festival yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. 

Bupati Banyuwangi Abdullah Anwar Anas mengatakan bahwa pariwisata sangat efektif dalam menggerakkan berbagai sektor terutama sektor ekonomi masyarakat. Oleh karena ini Anwar Anas fokus untuk terus mengembangkan pariwisata Banyuwangi. Pariwisata Banyuwangi terbukti dapat menarik perhatian wisatawan, baik wisatawan lokal maupun asing.

Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan setiap tahunnya. Pada tahun 2017 kunjungan wisatawan asing mencapai 91.000 pengunjung, sedangkan untuk domestik mencapai angka 4,8 juta pengunjung. Buat kalian yang masih bingung wisata apa saja yang ada di Banyuwangi, yuk simak beberapa rekomendasi ini. 

Destinasi pertama yang wajib kalian kunjungi adalah Kawah Ijen. Kawah dengan kedalaman 200 meter dan berada di puncak gunung dengan tinggi 2.445 meter dari atas permukaan laut ini memiliki danau yang kaldera yang sangat besar. Danau tersebut berwarna hijau kebiruan dan memiliki nyala api berwarna biru. Api biru atau yang biasa disebut blue fire ini hanya dapat dilihat saat malam hari dan menjelang subuh. Namun wisatawan harus berhati-hati karena danau tersebut memiliki kandungan air Asam terbesar di dunia dan bau belerang di kawah tersebut dapat membuat sesak napas, terutama bagi penderita asma. 

Destinasi selanjutnya adalah Pantai Plengkung. Pantai ini cukup terkenal di dunia karena menjadi tempat berselancar terbaik di Asia Tenggara. Tinggi ombaknya pun termasuk dalam tujuh ombak terbaik di dunia sehingga tidak heran pantai ini kerap menjadi tuan rumah perlombaan selancar dunia. Bagi anda yang menyukai kegiatan berselancar, waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah bulan Juli hingga September karena pada bulan tersebut ketinggian ombak dapat mencapai enam hingga delapan meter. Selain berselancar anda juga dapat melakukan kegiatan lain seperti berjemur dan snorkeling. 

Wisata ketiga yang wajib dikunjungi adalah Pantai Sukamade. Jika pantai plengkung terkenal dengan ombaknya, pantai Sukamade terkenal dengan pelestarian penyu nya. Di pantai ini wisatawan dapat menikmati pemandangan sekaligus melepaskan bayi penyu ke laut lepas. Pantai yang terletak di Taman Nasional Meru Betiri ini memiliki empat jenis penyu yakni Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Belimbing dan Penyu Slengkrah. 

Masih seputar pantai, objek wisata selanjutnya adalah Teluk Hijau. Namun pantai ini berbeda dari pantai-pantai sebelumnya dimana terdapat air terjun di tepi pantainya. Pantai yang berlokasi di Desa Rajegwesi ini memiliki air terjun setinggi delapan meter dan air lautnya berwarna hijau karena tanaman alga yang tumbuh di dasar laut. Namun untuk mencapai kawasan ini, wisatawan harus menempuh jalan yang terjal dan berbatu. 

Selanjutnya adalah Taman Nasional Baluran. Taman yang terletak di Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi ini mendapat julukan sebagai Africa Van Java karena pemandangannya yang mirip di Afrika. Di taman ini juga terdapat sekitar 155 jenis burung dan 26 jenis mamalia. Di Taman Nasional Baluran juga terdapat savana dan hewan-hewan seperti kerbau, rusa hingga gajah. Selain itu di taman ini wisatawan juga akan disuguhi dengan keindahan evergreen forest. Taman ini juga dilengkapi dengan pantai Bama dan wisata lainnya seperti Gua Jepang, Sumur Tua dan masih banyak lagi. 

Itulah beberapa rekomendasi objek wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur di Banyuwangi. Selain objek wisata, di Banyuwangi juga terdapat beragam festival seperti Banyuwangi Ethno Carnival, Festival Gandrung Sewu hingga Festival Kebo-Keboan Alasmalang. 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed