56 Perjalanan KA Dibatalkan, PT KAI Beri Kesempatan Pengembalian hingga H+30, Begini Caranya

  • Whatsapp
Penumpang Kereta Api sedang menggunakan Hand Sanitizer di Stasiun Kereta Api
Penumpang Kereta Api sedang menggunakan Hand Sanitizer di Stasiun Kereta Api

Headline.co.id (Purwokerto) ~ Meningkatnya wabah penyebaran virus corona di Indonesia berdampak pada turunnya okupansi penumpang kereta api, sehingga PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengambil kebijakan dengan melakukan pembatalan beberapa perjalanan kereta apu mulai 1 April 2020.

baca juga: Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Mulai 1 April Ada 54 Perjalanan KA Lewat Daop 5 Purwokerto Yang Dibatalkan

Selain langkah yang diambil oleh PT KAI tersebut juga sebagai langkah dalam upaya memutus rantai penyebaran virus corona (COVID-19), sesuai dengan arahan pemerintah agar masyarakat mengurangi mobilitas di luar rumah.

Saat dihubungi Headline.co.id, Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto menyampaikan mulai 1 April 2020, terdapat 52 perjalanan kereta api jarak jauh dan 4 kereta api local bandara YIA yang melewati wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto dibatalkan perjalanannya. Dari 83 Perjalanan kereta api jarak jauh perharinya kini tinggal tersisa 31 perjalanan kereta api yang masih beroperasi melewati wilayah Daop 5 Purwokerto.

baca juga: Ahli Kesehatan Kritik Aksi Penyemprotan Desinfektan ke Tubuh

Bagi calon penumpang kereta api yang sudah membeli tiket kereta api dan hendak membatalkannya, PT KAI akan mengembalikan bea tiket 100% diluar bea pesan. Pengembalian bea dilakukan secara tunai langsung pada hari H keberangkatan sampai 30 hari setelah tanggal yang tertera pada tiket.

“Jadi apabila penumpang KA yang dibatalkan pada 1 April, maka diberi waktu hingga 30 April untuk membatalkan tiketnya”, jelas Supriyanto.

baca juga: PT KAI Bentuk Satgas untuk Perangi Corona

Untuk melakukan pembatalan terdapat dua jenis yakni:

  1. Pembatalan tiket karena KA tidak jalan / dibatalkan. Calon Penumpang diberi kesempatan untuk pengembalian bea 100%, mulai hari H jadwal keberangkatan di tiketnya, hingga H+30 ke depan. Baik melalui KAI Access paling lambat 3 jam sebelum jadwal KA, ataupun di seluruh stasiun on-line, hingga H+30.
  2. Pembatalan tiket atas keinginan calon penumpang, untuk KA yang masih jalan. Calon penumpang bisa membatalkan tiketnya 100% melalui KAI Access paling lambat 3 jam sebelum jadwal KA, atau di stasiun pembatalan, paling lambat 30 menit sebelum jadwal yang tertera di tiketnya. Bea akan dikembalikan 30 hari setelah proses Pembatalan.

“KAI mengimbau, untuk pembatalan tiket melalui aplikasi KAI Access. Hal ini untuk menghindari kerumunan di loket serta penerapan Physical Distance,” pesan Supriyanto.

Atau bagi yang kurang jelas bisa langsung menghubungi layanan konsumen di nomer (021) 121.

baca juga: PLN Dukung Penuh Program Pemerintah yang Membebaskan Pembayaran Listrik Selama 3 Bulan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *